Ad Code

Responsive Advertisement

Budidaya Ikan Koi Yang Menguntungkan Untuk Pemula

 

Ikan Koi mulai dikenal luas oleh masyarakat sebagai simbol persahabatan yang abadi serta cinta yang tulus. Selain itu, ikan koi juga dipercaya dapat mendatangkan keberuntungan.

Budidaya ikan koi merupakan kegiatan yang sangat menguntungkan. Selain penggemar ikan hias satu ini yang memang banyak, ikan koi adalah salah satu jenis ikan hias yang memiliki nilai jual tinggi, apalagi untuk ikan koi yang berkualitas.

Tidak sedikit orang yang berasumsi bahwa beternak ikan koi hanya bisa dilakukan oleh orang yang sudah berpengalaman. Padahal, orang yang baru pertama kali memiliki ikan koi bisa juga membudidayakan ikan cantik ini. Bagaimana caranya? Lakukan langkah di bawah ini secara berurutan!

1. Memilih Indukan yang Berkualitas

Beternak ikan koi dimulai dari memilih indukannya. Untuk menghasilkan ikan koi yang berkualitas, tentu kamu harus memilih indukan yang bermutu tinggi dengan teliti dan tidak sembarangan. Kualitas indukan ikan koi akan berpengaruh pula pada kualitas anaknya pada saat panen nanti.

2. Membuat Kolam Ikan Koi

Sebelum mulai membudidayakan ikan koi, kamu harus mempersiapkan kolamnya. Buatlah kolam dengan lingkungan yang bagus agar bisa menghasilkan ikan koi bermutu tinggi. Ikan koi bisa beradaptasi dengan mudah di lingkungan air apa pun, mulai dari akuarium, kolam tanah, atau kolam beton.

3. Melakukan proses pemijahan ikan koi

Pemijahan atau perkawinan ikan koi merupakan salah satu bagian terpenting dari proses ternak ikan koi. Dari proses mengawinkan ikan koi ini, pet pals akan mendapatkan telur atau bibit ikan koi yang diinginkan.

4. Menjaga Kualitas Air Kolam

Kualitas ikan koi sangat dipengaruhi oleh kualitas airnya. Oleh karena itu, jaga sirkulasi udara dalam kolam tetap lancar agar air tidak kotor atau keruh. Ketika mengganti air, hindari menguras kolam secara keseluruhan dan gantilah hanya 10% dari air kolam setiap minggunya.

5. Mengetahui Lama Waktu Panen Ikan Koi

Lantas, kapan waktu yang tepat untuk memanen ikan koi? Ikan koi siap dipanen ketika berusia 3 sampai 5 bulan. Selama jangka waktu tersebut, kamu harus memastikan agar proses pemeliharaannya tetap terjaga agar kualitasnya tetap unggul.

Nah itulah cara ternak ikan koi yang mudah dan mengutungkan.

KONTEN MENARIK TENTANG DUNIA AGRIBSINIS ( KLIK SINI )

Posting Komentar

0 Komentar