Ad Code

Responsive Advertisement

Ini dia cara budidaya ikan kakap

 

Ikan kakap putih merupakan salah satu biota laut yang cukup banyak peminatnya. Selain dimanfaatkan untuk konsumsi masyarakat, ikan kakap putih juga memberikan potensi keuntungan yang lebih besar bagi mereka yang berkecimpung pada budidaya ikan. Berikut ini merupakan cara budidaya kakap putih yang perlu Anda tahu.

1. Pemilihan Lokasi

Salah satu cara budidaya kakap putih yaitu memilih lokasi yang tepat dan sesuai dengan habitat kakap putih. Budidaya kakap putih biasa berlokasi di tambak yang bebas dari banjir dan pencemaran limbah entah itu dari sampah rumah tangga hingga limbah pabrik yang dapat mengganggu pertumbuhan kakap putih.

2. Mempersiapkan Kondisi Tambak

Pada budidaya kakap putih kondisi tambak juga harus dipersiapkan guna menunjang pertumbuhan kakap dengan hasil yang diinginkan. Dengan mengatur tingkat salinitas, suhu hingga pH pada air sesuai dengan yang diharapkan

3. Mempersiapkan Benih

Memilih benih yang bermutu baik merupakan salah satu cara budidaya kakap putih yang harus Anda lakukan. Dengan memilih bibit yang baik dapat meminimalisir kerugian yang disebabkan benih yang cacat.

4. Pemberian Pakan

Pemberian pakan untuk kakap putih yaitu dengan memberikan ikan segar dengan protein yang tinggi. Selain menggunakan ikan segar, kakap putih dapat diberikan pakan berupa pelet.

5. Pemeliharaan

Pemeliharaan kakap putih harus selalu dipantau sesuai dengan kebutuhan. Pastikan air dalam keadaan segar dan ganti air 10 % dari total volume tambak setiap hari.

6. Penanganan Penyakit

Penanganan penyakit merupakan salah satu pencegahan Anda untuk mengalami kerugian. Dengan meminimalisir kakap putih terserang penyakit Anda harus mampu memahami gerak-gerik dan gejala yang ditunjukkan oleh ikan.

7. Masa Panen

Masa panen yang dibutuhkan untuk ikan kakap putih yaitu 5 sampai dengan 7 bulan. Namun ukuran kakap putih yang sudah siap panen dapat disesuaikan dengan ukuran yang menjadi permintaan pasar umumnya 0,5 kg sampai dengan 0,75 kg per ekor.

Demikian informasi untuk Anda tentang cara budidaya kakap putih. Semoga dengan artikel di atas dapat menambah wawasan bagi Anda yang sudah menjalankan bisnis budidaya kakap putih atau untuk Anda yang baru saja akan terjun pada bisnis budidaya kakap putih. Semoga informasi yang telah disajikan dapat menambah pengetahuan bagi Anda semua. Terima kasih.

KONTEN MENARIK TENTANG DUNIA AGRIBISNIS ( KLIK SINI )

Posting Komentar

0 Komentar