Ad Code

Responsive Advertisement

Mengungkap 5 Fakta Menarik Tentang Ayam Serama

 

Ayam Serama merupakan salah satu jenis ayam hias yang memiliki popularitas tinggi di kalangan pecinta unggas. Meskipun banyak yang menganggapnya sebagai ayam kate, sebenarnya ayam Ayam serama, yang juga dikenal sebagai “Ayam Tersombong,” telah memikat hati banyak pecinta unggas di seluruh dunia.

Berikut ini adalah lima fakta menarik yang perlu Anda ketahui mengenai ayam hias yang kecil namun gagah ini :serama adalah jenis yang berbeda dengan keunikan tersendiri.

1. Ayam Terkecil di Dunia

Dengan tinggi badan mencapai 20-25 cm dan berat sekitar 300-500 gram, ayam serama mendapatkan predikat sebagai ayam terkecil di dunia dari “American Polutyr Association (APA) 1873.” Meskipun awalnya berasal dari Malaysia, ayam ini kemudian dibawa ke Indonesia pada tahun 2000-an. Saat ini, meski harganya tergolong mahal, ayam serama semakin banyak digemari oleh masyarakat.

2. Ayam Tersombong

Ayam serama mendapat julukan “Ayam Tersombong” karena memiliki postur yang memukau. Dada ayam ini membusung ke depan dengan sayap yang besar dan panjang, tegak lurus hingga menyentuh tanah. Berbeda dengan ayam kate yang memiliki kaki lebih pendek dan terlihat lebih cebol.

3. Ayam Kontes Gaya

Ayam Serama tidak hanya menjadi hewan peliharaan biasa, namun juga sering diikutsertakan dalam kontes ayam. Penilaian dalam kontes berfokus pada postur tubuh dan gayanya yang angkuh. Meja kontes menjadi tempat ayam Serama beraksi dengan berbagai gaya yang menarik. Gaya yang sering dilakukan adalah “narit,” yaitu membusungkan dadanya.

4. Ayam Persilangan

Ayam serama diketahui sebagai hasil persilangan yang teliti dan inovatif. Seorang peternak dari Malaysia bernama Wee Yean Een merupakan orang pertama yang berhasil menemukan ayam serama ini.

5. Ayam Warna Warni

Ayam Serama hadir dalam beragam warna dan corak yang menarik. Terdapat kombinasi warna hitam dan merah yang sering disebut “ara,” serta kombinasi dua warna yang menghasilkan bintik-bintik dikenal dengan sebutan “rinting.”

Nah itulah 5 Fakta Menarik Tentang Ayam Serama.

KONTEN MENARIK TENTANG DUNIA AGRIBISNIS ( KLIK SINI )

Posting Komentar

0 Komentar