Ad Code

Responsive Advertisement

5 Daerah Penghasil Cengkeh Di Indonesia

 

Daerah penghasil cengkeh di Indonesia tersebar di berbagai wilayah. Cengkeh atau dalam istilah baku disebut cengkih memiliki nama latin Syzygium aromaticum.

Tanaman rempah ini biasanya digunakan dalam industri rokok, makanan, minuman, obat-obatan, bahkan dimanfaatkan untuk industri kosmetik.

Saat ini Indonesia merupakan negara produsen dan konsumen cengkih terbesar di dunia. Lalu, di mana saja daerah penghasil cengkeh di Indonesia? Simak jawabannya dalam pembahasan di bawah ini.

Berikut daerah penghasil cengkeh di Indonesia yang bisa disimak:

1. Sulawesi Tengah

Sulawesi Tengah memiliki luas lahan cengkih sebesar 76.825 hektare (Ha) dengan produksi 19.798 ton. Kabupaten Donggala merupakan salah satu daerah penghasil cengkih.

2. Sulawesi Utara

Provinsi Sulawesi Utara memproduksi 10.110 ton cengkih dengan luas lahan 74.756 hektare. Desa Kaneyan merupakan salah satu daerah penghasil komoditas cengkih.

3. Sulawesi Selatan

Berdasarkan data BPS, luas wilayah Provinsi Sulawesi Selatan adalah 4.666.171 hektare. Luas wilayah tersebut menjadikan Sulawesi Selatan sebagai tempat pengembangan cengkih dengan total produksi 20.176 ton.

4. Maluku

Provinsi Maluku memproduksi cengkih sebesar 20.695 ton dengan luas lahan 44.555 hektare. Provinsi ini berkontribusi memproduksi cengkih sebesar 12,48 persen dari produksi nasional setelah Sulawesi Selatan.

Mengutip jurnal Produktivitas Cengkih Hutan (Syzygium obtusifolium L.) di Kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah oleh Dessy dan Safril,  daerah penyebaran terbesar berada di Maluku Tengah, Seram Bagian  Timur, Seram Bagian Barat, dan Buru Selatan.

5. Pulau Jawa

Selanjutnya, berdasarkan laman mediaperkebunan.id, provinsi di Pulau Jawa yang memproduksi cengkeh berada di Jawa Timur. Di luas lahan sebesar 43.255 hektare, cengkih yang diproduksi sebanyak 10.944 ton dan menjadi yang terbesar di Pulau Jawa.

Demikian informasi mengenai daerah penghasil cengkeh yang ada di Indonesia. Apakah lokasi tersebut berada dekat rumahmu? Silakan tulis jawabannya di kolom komentar.

 KONTEN MENARIK TENTANG DUNIA AGRIBISNIS ( KLIK SINI )

Posting Komentar

0 Komentar