Ad Code

Responsive Advertisement

5 Jenis Hama Pada Tanaman

 

Hama adalah semua bentuk gangguan baik pada manusia, ternak dan tanaman. Bila dikaitkan tanaman, maka hama tanaman menyerang bagian-bagian tubuh dari tanaman seperti batang, akar, daun, dan sebagainya.

Untuk mencegah infestasi hama serangga, biasakan memeriksa tanaman Anda secara teratur, mencari di bawah daun dan di tanah untuk mencari serangga dan makhluk lainnya. Pangkas daun yang menguning, kering, atau terlihat rusak, sehingga tidak ada kotoran yang dapat dimakan hama.

Sobat Green harus tau inilah  5 jenis hama yang sering menyerang tanaman.

1. Kutu putih

Kerap disangka debu, kutu putih adalah sejenis serangga skala. Serangga berbentuk oval bertubuh lunak ini tampak seperti serpihan kecil serat pengering berwarna putih. Kutu putih suka menyedot kehidupan dari tanaman dan memakan sarinya. Anda akan menemukan kutu putih dalam koloni kecil di sisi bawah daun, di sekitar pertumbuhan baru, dan di celah kecil antara daun dan batang.

2. Thrips

 Thrips juga dikenal sebagai lalat petir, thrips adalah serangga kecil, ramping, berwarna gelap yang merupakan hama taman umum yang dapat masuk dan merusak tanaman dalam ruangan Anda. Tanda pertama infestasi thrip adalah daun yang layu atau berjerawat.

3. Tungau Laba-Laba

Jenis hama tanaman ini cukup berbahaya karena menyerang bagian daun dengan cara menyerap cairan dan unsur hama tanaman. Serangan tungau laba-laba juga biasanya intens dan berlangsung cepat dalam skala besar. Maka tak heran tanaman dapat mati dalam kurun waktu yang singkat.

4. Belalang

Kehadiran Belalang pada tanaman jangan dianggap remeh, bisa-bisa budidaya tanaman yang ada bisa rusak. Belalang adalah pemakan daun yang mirip seperti ulat bulu.

5. Kutu daun

Kutu daun berukuran kecil (kurang dari seperempat inci) dan bertubuh lunak, berbentuk serupa buah pir yang memiliki kaki panjang, serta antena yang panjang dan bisa berwarna putih, coklat, hitam, hijau muda, jingga dan bahkan merah muda. Kutu daun lebih menyukai pertumbuhan tanaman baru dan memakan batang, cabang dan kuncup lunak, menusuk batang dan daun dan mengisap getah yang kaya nutrisi dari tanaman.

Demikianlah jenis – jenis hama yang menyerang tanaman mu  Sobat Green . Dengan mengetahui hama di atas, diharapkan Sobat Green lebih mewaspadai dampak dan bahaya dari hama tersebut.

KONTEN MENARIK TENTANG DUNIA AGRIBISNIS ( KLIK SINI )

Posting Komentar

0 Komentar