Ad Code

Responsive Advertisement

Jenis Jenis Tumbuhan Berdasarkan Habitatnya

 


Habitat adalah tempat makhluk hidup untuk tinggal dan berkembang biak. Pada dasarnya, habitat merupakan lingkungan fisik di sekeliling populasi suatu spesies yang saling memengaruhi satu sama lain. Contoh habitat, yakni hutan rimba, hutan kecil, gurun, lereng pegunungan, kolam, sungai, rawa, serta laut.

Fungsi utama habitat, yakni sebagai tempat makhluk hidup. Habitat juga berfungsi sebagai tempat berlangsungnya aktivitas makhluk hidup. Untuk itu, habitat hewan dan tumbuhan perlu dijaga kelestariannya agar tidak mengganggu keseimbangan ekosistem.

Pada tumbuhan terdapat lima (5) Jenis Tumbuhan Berdasarkan Habitat nya ? (cara untuk beradaptasi dengan habitat atau lingkungannya), kelima Jenis tersebut adalah sebagai berikut

1. Xerofit

Xerofit adalah cara tumbuhan beradaptasi dengan lingkungan (habitat) di daerah kering atau panas, dimana tumbuhan yang beradaptasi dengan cara ini bisa bertahan hidup walau hanya mendapatkan sedikit air. Salah satu contoh tumbuhan yang beradaptasi dengan cara ini adalah kaktus, lidah buaya, sansiviera, adenium dan lain sebagainya

 2. Halofit

Halofit adalah tumbuhan yang bertahan hidup di tempat asin seperti pantai atau laut, dimana mereka bisa bertahan di lingkungan dengan kadar garam yang tinggi, adapun salah satu contoh tumbuhan ini adalah pohon bakau, rumput gajah, heritera atau dungun, semak garam, dan glasswort.

3. Mesofit

Mesofit adalah tumbuhan yang bertahan hidup di lingkungan yang tidak terlalu basah dan tidak terlalu kering, biasanya tumbuhan ini bisa dengan mudah ditemukan di area tempat tinggal manusia. Selain itu Mesofit masuk ke dalam golongan tumbuhan berkayu meski ada juga yang rerumputan. Contohnya adalah  pohon pisang, pepaya, mangga, rumput, dan lain sebagainya.

4. Hidrofit

Hidrofit adalah tumbuhan yang bertahan hidup dan sudah menyesuaikan diri di lingkungan perairan baik seluruh tubuhnya terbenam ataupun hanya sebagainnya saja. Salah satu contoh tumbuhan yang beradaptasi dengan cara ini adalah teratai, kiambang, eceng gondok, dan lain sebagainya

5. Higrofit

Higrofit merupakan tumbuhan yang sudah beradaptasi dan bisa bertahan hidup di daerah lembab seperti hutan. Contohnya adalah tumbuhan paku, dedalu atau gandarusa, dan lumut.

Itulah lima Jenis Tumbuhan Berdasarkan Habitat nya (cara tumbuhan beradaptasi dengan lingkungannya), Semoga artikel ini dapat membantu Sobat Green  lebih memahami habitat tumbuhan.

KONTEN MENARIK TENTANG DUNIA AGRIBISNIS

Posting Komentar

0 Komentar