Ad Code

Responsive Advertisement

Mengenal Hama Pada Tanaman Hias


 Hama adalah perusak tanaman pada akar, batang, daun atau bagiantanaman lainya sehingga tanaman tidak dapat tumbuh dengan sempurna atau mati.Hama pada suatu tumbuhan adanya suatu hewan dalam satu pertanaman sebelum menimbulkan kerugian secara ekonomis.

Merawat tanaman hias merupakan suatu kegiatan yang dapat menyenangkan untuk dilakukan sehari-hari lho. Salah satu langkah merawat tanaman hias adalah dengan menghindarinya dari hama pemakan daun.

Supaya dapat menghindari kerusakan tanaman hias karena hama tersebut sobat green perlu untuk mengenal apa saja jenis hama tanaman hias. Oleh karena itu, mari kenali jenis-jenis hama tanaman hias agar sobat green dapat melindungi tanaman hias kesayangan dari kerusakan.

1. Belalang

Hama pertama dan yang cukup sering dapat sobat green jumpai pada tanaman hias adalah binatang belalang. Mungkin sobat green sering kali melihat belalang menghinggapi tumbuhan dan menganggap itu hal sepele. Padahal keberadaan belalang dapat menjadi hama tanaman yang merusak tanaman dengan memakan daunnya.

2. Siput

Sobat green  mungkin menganggap siput sebagai hama luar ruangan, tetapi mereka juga dapat memengaruhi tanaman hias. Siput adalah hewan nokturnal yang warnanya bervariasi dari abu-abu hingga cokelat, meninggalkan jejak berlendir. Jika daun berlubang compang-camping, tanaman mungkin mengalami invasi siput. Hama ini bersembunyi di bawah pot dan di tanah pada siang hari dan dapat ditemukan langsung di dedaunan pada malam hari, saat mereka keluar dari persembunyian

3. Tungau

Tungau yang merupakan serangga sejenis dengan kutu yang berukuran kecil dan sering menyerang daun tanaman hias. Keberadaan tungau cukup sulit untuk dilihat karena ukurannya yang kasat mata. Namun sobatt green  dapat melihat tanda akan keberadaan tungau dengan adanya bercak-bercak pada daun tanaman hias. Jika warna daun tiba-tiba menjadi pucat kekuningan dan gugur tanpa sebab maka hal tersebut adalah serangan tungau.

4. Cacing Liang

Cacing liang merupakan hama pada tanaman hias yang hinggap pada bagian dalam tanah dan menyerang akar tanaman. Masalah yang ditimbulkan cacing liang pada tanaman membuat akar menjadi sulit tumbuh dan rawan mati sebelum tanaman tumbuh. Hama yang satu ini dapat sobat green singkirkan dengan memberikan pestisida alami pada tanaman hias.

5. Ulat Hama

Hama tanaman yang satu ini adalah hama yang paling umum ditemukan pada tanaman mana pun. Sobat green dapat mengidentifikasi ulat hama dengan melihat bagian tanaman seperti

Posting Komentar

0 Komentar