Ad Code

Responsive Advertisement

5 Tanaman Endemik Yang Ada Di Indonesia

 

Kekayaan flora dan fauna yang ada di Indonesia tidak perlu diragukan lagi. Sebagai negara kepulauan dan berada di garis khatulistiwa, Indonesia memiliki berbagai macam hewan eksotis dan tumbuhan endemik yang jarang ditemukan di tempat lainnya.

Sayangnya beberapa flora endemik khas Indonesia ini terancam kepunahan. Apa saja sih tanaman-tanaman khas yang ada di Indonesia? Berikut beberapa tanaman endemik yang ada di Indonesia.

1. Anggrek Hitam

Anggrek yang biasa kenal umumnya berwarna cerah seperti ungu dan putih, tapi Indonesia memiliki jenis anggrek yang unik dan berbeda dari kedua warna tersebut, yaitu anggrek hitam. Ada dua jenis anggrek hitam di Indonesia, yaitu anggrek hitam Kalimantan dan anggrek hitam Papua.

2. Kibut atau Bunga Bangkai Raksasa

Ada satu lagi tanaman di Indonesia yang memiliki bau tak sedap yang sangat menyengat dan hampir punah yaitu Kibut. Kibut hanya bisa ditemukan di Indonesia, lebih tepatnya di pulau Sumatera. Walau sama-sama berbau tak sedap, Kibut berbeda dengan Rafflesia Arnoldii. Tanaman ini memiliki tonggol atau bagian yang menjulang tinggi.

3. Bunga Edelweiss Jawa (Anaphalis javanica)

Tanaman khas Indonesia selanjutnya ini sangat langka karena hanya bisa tumbuh di dataran tinggi, yakni Edelweiss Jawa. Tanaman ini biasanya bisa ditemukan di daerah pegunungan dan tumbuh setelah terjadinya erupsi. Kamu bisa dengan mudah menemukan bunga Edelweiss di Gunung Gede, Pangrango, Papandayan, dan Rinjani.

4. Daun Payung

Daun Payung  dapat di temukan di Pulau Sumatera. Tanaman khas Indonesia ini memiliki daun yang sangat besar dan kuat dengan bentuk menyerupai payung. Tak heran tanaman ini kemudian disebut dengan nama Daun Payung. Saking kuatnya tanaman ini, banyak masyarakat Pulau Sumatera yang menggunakan daun payung sebagai bahan pembuatan atap rumah.

5. Ki Leho Beureum

Ki Leho Beureum yang memiliki nama ilmiah Saurauia cauliflora merupakan tanaman endemik pulau Jawa. Bentuk tanaman ini berupa pohon kecil atau semak-semak dan merupakan salah satu tanaman langka yang dilindungi karena terancam punah.

Menarik sekali bukan sobat green kekayaan flora yang ada di Indonesia? Itulah tanaman endemik yang langka dan hanya ada di indonesia .

KONTEN MENARIK DUNIA AGRIBISNIS ( KLIK SINI )

Posting Komentar

0 Komentar