Ad Code

Responsive Advertisement

Manfaat Buah Naga Yang baik untuk tubuh


 

Buah naga adalah buah dari beberapa jenis kaktus dari genus Hylocereus dan Selenicereus. Buah ini berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan namun sekarang juga dibudidayakan di negara-negara Asia seperti Taiwan, Vietnam, Filipina, Indonesia dan Malaysia.

Buah naga merah juga mengandung vitamin dan mineral penting, serta senyawa alami lainnya yang berperan sebagai antioksidan, seperti likopen, betalain, karoten, dan polifenol.  Buah naga banyak disukai karena memiliki rasa yang manis, kandungan air yang tinggi, serta tekstur yang lembut. Karakteristik inilah yang membuat buah naga kerap diolah menjadi beragam makanan penutup, seperti smoothies, jus, atau es buah.

Berikut ini adalah 8 manfaat buah naga untuk kesehatan:

 

1. Melawan Diabetes

 

Manfaat buah naga berikutnya adalah membantu kadar gula darahmu tetap stabil. Para peneliti menyatakan, hal ini disebabkan karena buah naga dapat membantu regenerasi sel pankreas yang rusak pada penderita diabetes.

 

2. Membantu Menjaga Kesehatan Jantung

Menjaga kesehatan jantung menjadi salah satu manfaat buah naga untuk kesehatan. Buah naga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Selain itu, buah naga adalah sumber lemak tidak jenuh yang sangat baik.

3. Mencegah dan mengatasi sembelit

Buah naga tinggi akan serat dan prebiotik yang baik untuk kesehatan saluran pencernaan. Nutrisi-nutrisi ini diketahui dapat memperlancar buang air besar, sehingga mencegah dan mengatasi sembelit.

 

4. Mencegah anemia

Konsumsi buah naga merah secara rutin diketahui bisa menjadi salah satu cara mencegah anemia. Manfaat buah naga merah ini diperoleh dari kandungan vitamin C pada buah naga yang dapat mengoptimalkan penyerapan zat besi. Zat besi sendiri merupakan jenis mineral yang penting dalam proses produksi sel darah merah.

5. Mencegah katarak

Manfaat buah naga selanjutnya adalah menurunkan risiko terjadinya katarak. Manfaat ini diperoleh dari kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah naga. Vitamin C diketahui dapat membantu menghentikan oksidasi lensa mata, yaitu salah satu penyebab mata katarak.

 6. Mencegah preeklamsia

Preeklamsia adalah komplikasi kehamilan yang ditandai dengan tekanan darah tinggi atau kadar protein tinggi dalam urine. Untuk menurunkan risiko terjadinya preeklamsia, ibu hamil disarankan untuk mencukupi asupan vitamin B2.

7. Mencegah penyakit kanker

Buah naga merah mengandung vitamin C dan likopen yang terbukti mampu mengurangi jumlah sel kanker dalam tubuh

8. Menjaga daya tahan tubuh

Buah naga kaya akan vitamin C dan senyawa antioksidan yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh serta melawan kuman penyebab infeksi. Manfaat buah naga ini dapat menghindarkan Anda dari flu, pilek, maupun penyakit infeksi lainnya.

Nah itulah 8  Manfaat Buah Naga Yang baik untuk tubuh.

KONTEN MENARIK TENTANG DUNIA AGRIBISNIS ( KLIK SINI )

 

 

 

Posting Komentar

0 Komentar