Ad Code

Responsive Advertisement

Tips Budidaya Kepiting Soka

 

Kepiting Soka atau yang dikenal juga sebagai kepiting bakau, merupakan kepiting yang dipanen saat cangkangnya masih lunak. Kepiting soka adalah jenis kepiting bakau yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat. Kepiting soka dipanen pada saat kepiting baru saja ganti kulit atau moulting sehingga kondisi cangkang dan kulit kepiting masih sangat lembut atau masih lunak maka bahasa inggris menyebutnya 'Soft Shel Crab'.

Kepiting soka (scylla serrata) merupakan biota yang biasanya hidup di perairan yang relatif dangkal dengan dasar berlumpur. Habitat alaminya adalah hutan bakau, yang mendukung tumbuh kembang kepiting dan dihuni oleh organisme kecil yang menjadi sumber makanannya. Wilayah penyebarannya terbentang dari pantai timur benua Afrika hingga pantai timur kepulauan Indonesia, dan wilayah Jepang Selatan hingga bagian utara benua Australia.

Cara Budidaya Kepiting Soka yaitu sebagai berikut :

1. Memilih Lokasi Budidaya

Pertama sekali adalah melakukan pemilihan lokasi budidaya kepiting soka. Lokasi yang cocok untuk melakukan budidaya adalah di tambak yang dekat dengan perairan mangrove sehingga .

2.  Persiapan bibit kepiting soka

Kita harus memilih bibit-bibit kepiting soka terbaik yang memiliki bobot sekitar 0,1 ons hingga 0,5 ons.

3. Persiapan kandang kepiting soka

Kandang untuk kepiting soka bisa berupa kotak-kotak berukuran 15 x 15 x 20 cm yang diletakkan di bawah permukaan tambak.

4. Cara pemeliharaan kepiting soka

Memotong kaki-kaki serta capit dari kepiting. Proses ini penting untuk dilakukan agar kepiting menjadi stres dan melepaskan cangkangnya. Saat cangkang dari kepiting tersebut lepas, maka kepiting akan segera membentuk cangkang baru. Proses unik ini disebut dengan molting.

5. Penebaran Bibit

Proses penebaran bibit dalam budidaya kepiting sok dilakukan dengan memasukkan masing-masing satu ekor kepiting dalam kotak atau keranjang yang telah dipersiapkan. Usahakan untuk tidak meletakkan dua atau lebih banyak bibit dalam satu kotak untuk menghindari adanya pertengkaran antar kepiting.

6. Perawatan Kepiting Soka

Berikan kepiting soka pakan berupa udang, ikan rucah, pelet, ataupun keong dengan frekuensi satu kali sehari. Kepiting soka dapat diberikan pakan menjelang senja, karena merupakan hewan nokturnal. Pastikan pula kondisi air terbebas dari polusi seperti limbah rumah tangga.

Demikianlah tatacara budidaya kepiting soka yang dapat kami bagikan pada kesempatan ini. Semoga informasi ini berkenan dan membantu Anda dalam mengembangkan bisnis budidaya kepiting soka.


KONTEN MENARIK TENTANG DUNIA AGRIBISNIS ( KLIK SINI )

Posting Komentar

0 Komentar