Ad Code

Responsive Advertisement

5 Hewan Yang berkembang Biak Dengan Membelah Diri

 

Membelah diri adalah perkembangbiakan hewan dengan cara memisahnya tubuh induk menjadi dua individu yang sama besar. Cara reproduksi aseksual pada hewan dengan membelah diri pada awalnya hewan berbentuk membulat dan kemudian memanjang.

Hewan membelah diri dengan cara membelah inti selnya. Septum yang membentuk membran dan dinding sel akan memisahkan sitoplasma sel menjadi dua individu baru yang identik satu sama lainnya. Pada proses inilah yang membuat sel menjadi terpisah dengan membelah diri dan akan menjadi dua sel baru dengan genetik yang sama.

Hewan apa saja yang berkembang biak dengan cara membelah diri?

Berikurt ini lah hewan hewan yang berkembang biak membelah diri. Yuk mari kita simak!!

1. Amoeba

Amoeba berkembang biak dengan cara membelah diri. amoeba termasuk ke dalam protozoa atau protista mirip hewan. Sebab, amoeba memiliki alat gerak berupa rhizopoda. Rhizopoda amoeba adalah kaki semu yang membuat amoeba dapat bergerak bebas.

2. Ciliata

Ciliata juga berkembang biak dengan cara membelah diri. Sama seperti amoeba, ciliata juga merupakan protozoa atau protista mirip hewan. Ciliata bergerak dengan cilia atau rambut getar.

3. Flagellata Caudatum

Flagellata adalah jenis hewan selanjutnya yang termasuk ke dalam jenis protozoa mirip hewan. Dalam bahasa latin, Flagellata diambil dari kata flagell yang memiliki arti “cambuk.”

4. Paramecium

Paramecium juga termasuk protozoa mirip hewan. Hewan ini berukuran 120-300 mikron dengan bentuk tubuh bagian depan tumpul sementara di bagian belakang berbentuk meruncing.

5. Archaea

Archaea atau archaebacteria berasal dari bahasa Yunani yang diambil dari kata archaio dan memiliki arti “kuno.” Archaebacteria adalah organisme tertua yang berada di bumi. Archaea dapat hidup di daerah ekstrim, seperti pada sumber air panas yang memiliki temperatur 92á´¼ ataupun tempat yang dingin seperti Antartika.

Itulah beberapa makhluk hidup yang berkembang biak dengan cara membelah diri

KONTEN MENARIK TENTANG DUNIA AGRIBISNIS ( KLIK SINI )

Posting Komentar

0 Komentar