Ad Code

Responsive Advertisement

Cara Terpercaya Beternak ayam Bangkok

 

Ayam bangkok berasal dari Thailand. Menurut sejarah, ayam ini ditemukan ketika penduduk setempat masih menemukan ras ayam petarung bernama King’s Chicken. Ayam ini diketahui memiliki serangan mematikan dengan gerakan cepat dan sangat cerdas.

Sebaran ayam bangkok di Indonesia salah satunya berada di Kota Tuban, Jawa Timur. Meski sejarah penyebarannya tidak begitu jelas, namun sampai saat ini ayam bangkok telah dikenal secara luas di kalangan penduduk lokal maupun masyarakat Indonesia secara luas. Terutama, kalangan pecinta ayam petarung.

Berikut ini adalah beberapa cara tepat untuk beternak ayam bangkok yang bisa kita coba, antara lain:

1. Memilih Indukan Berkualitas

Kunci keberhasilan ternak ayam bangkok adalah pemilihan indukan yang berkualitas. Sebaiknya, pilih indukan yang terlihat aktif, lincah, sehat, tidak cacat ataupun sakit. Kualitas bibit nantinya dipengaruhi langsung oleh kualitas indukan dan faktor-faktor lainnya.

2. Kandang Ternak Ayam Bangkok

Umumnya, ada tiga jenis kandang yang sering digunakan oleh para peternak ayam bangkok, yaitu kandang umbaran satuan, kandang postal, dan kandang tidur.

3. Merawat Bibit Ayam Bangkok

Setelah ayam-ayam bangkok betina bertelur, maka siapkan kandang lain untuk meletakkan telur-telurnya. Biarkan para indukan mengerami telurnya di kandang tersebut sampai menetas. Setelah telur menetas, pisahkan bibit ayam bangkok dari indukannya, kemudian rawat bibit dengan baik agar menghasilkan ayam bangkok dewasa yang berkualitas unggul.

4. Suplemen Tambahan

Anakan ayam bangkok yang telah berusia 1-4 bulan sudah bisa diberi pakan dengan komposisi yang berbeda berupa campuran beberapa pakan. Bahan yang bisa kita campurkan adalah susu bubuk untuk bayi dan pur dengan perbandingan sebanyak 1:5.

5. Mencabut Bulu Anak Ayam Bangkok

Perlu diketahui, anak ayam Bangkok yang memiliki bulu terlalu lebat justru menghabiskan porsi gizi dari asupan makanan yang diterima oleh tubuhnya.

6. Perawatan Intensif Ayam Bangkok Agar Produktif

Alangkah lebih baik jika ayam bangkok dipelihara di dalam kandang khusus mulai dari awal sampai usia enam bulan. Selain itu, bisa juga ayam-ayam ini tetap ditempatkan di kandangnya hingga bulu rawis dan bulu di sekitar area leher tumbuh.

Nah Ini lah Cara Terpercaya Beternak ayam Bangkok.

KONTEN MENARIK TENTANG DUNIA AGRIBISNIS ( KLIK SINI )

Posting Komentar

0 Komentar