Ad Code

Responsive Advertisement

Mengenal Sayur Genjer Dengan Keunikannya

 

Genjer adalah sejenis tumbuhan rawa yang banyak dijumpai di sawah atau perairan dangkal. Biasanya ditemukan bersama-sama dengan eceng gondok.

Manfaat daun genjer bagi kesehatan adalah menyehatkan tulang dan gigi. Pasalnya, kalsium dan fosfor juga ada di dalam genjer. Konsumsilah sayur genjer dalam jumlah yang tepat agar gigi dan tulang kuat, serta terhindar dari osteoporosis.

Genjer merupakan sayuran yang memiliki kandungan serat yang cukup tinggi dan dapat memenuhi kebutuhan serat tubuh dalam sehari, sehingga dapat melancarkan pencernaan.

Genjer juga mengandung protein yang cukup tinggi, kalsium tinggi yang dapat membantu pertumbuhan tulang, fosfor, dan zat besi, sehingga baik dikonsumsi. Unsur gizi yang dikandung tanaman sayur genjer itu, setiap 100 gram genjer mengandung energi 39 kkal, 1,7 g protein, 7,7 karbohidrat, 62 mg kalsium , 33 mg fosfor, dan 2.1mg zat besi.

Meskipun dalam waktu cepat menyebar ke areal persawahan, genjer bukan menjadi gulma yang potensial mengancam tanaman padi. Beda dengan eceng gondok, yang kemudian menjadi gulma yang mengancam perairan tropis, dan sampai sekarang sulit untuk diatasi, genjer tidak terlalu mengganggu tanaman padi di sawah. Bahkan para petani bisa memanfaatkannya sebagai sayuran yang cukup lezat citarasanya.

Genjer yang tumbuh di sawah sebagai gulma padi, akan hilang setelah tanaman pokoknya tumbuh rapat. Hingga panen genjer biasanya dilakukan bersamaan dengan penyiangan padi.

Secara garis besar, spesies L. flava tumbuh subur di daerah beriklim tropis. Namanya sangat populer sebagai bahan olahan masakan, terutama di kawasan Asia Selatan, Asia Timur, dan Asia Tenggara.Di regional Asia Tenggara, tanaman ini dapat kita temukan mulai dari Malaysia, Thailand, Burma, hingga Indonesia.

Khusus di Tanah Air, mereka berbiak pesat di daerah Pulau Sumatra dan Jawa.Berkat persebarannya yang luas, julukan bagi tanaman genjer terbilang sangat beragam. Secara internasional, ia publik kenal sebagai Limnocharis, Sawah-flower Rush, hingga Sawah-lettuce.

Sedangkan di negara-negara Amerika Latin, tumbuhan yang masyarakat sebut sebagai gulma pertanian ini akrab dengan sebutan Velvetleaf, Yellow Bur-head, atau Cebolla de Chucho.

KONTEN MENARIK TENTANG DUNIA AGRIBISNIS ( KLIK SINI )

Posting Komentar

0 Komentar