Ad Code

Responsive Advertisement

Fakta-Fakta Menarik Tentang Ikan Piranha

 

Piranha adalah ikan air tawar yang hidup di sungai-sungai di Amerika Serikat. Ikan ini terkenal dengan reputasinya sebagai pemangsa ganas dengan gigi-gigi runcingnya yang menakutkan. Piranha dikenal sebagai karnivora yang ganas, namun sebenarnya adalah omnivora yang juga memakan tumbuhan.

Namun, beberapa fakta menarik tentang ikan piranha mungkin akan mengubah pandangan kamu tentang mereka.

1. Pemakan Tumbuhan

Ternyata, kebanyakan ikan piranha dewasa lebih suka memakan buah dan biji-bijian daripada daging. Piranha muda, di sisi lain, biasanya memakan mamalia kecil seperti serangga hingga ular. Namun, jika sumber makanan mereka menjadi langka, mereka dapat menjadi lebih agresif dan memakan hampir apa saja yang masuk ke dalam air.

2. Memakan Bangkai Manusia

Meskipun sering digambarkan dalam film sebagai pemangsa manusia yang haus darah, ikan piranha sebenarnya tidak akan memangsa manusia yang sehat dan hidup.

3. Gigi Tajam yang Mudah Lepas

Gigi ikan piranha sangat tajam dan hampir serupa dengan gigi hiu. Namun, ironisnya, gigi-gigi ini mudah lepas. Oleh karena itu, ikan piranha sering kehilangan gigi selama hidup mereka.

4. Umumnya Ditemukan di Amerika Selatan

Ikan piranha umumnya mendiami perairan air tawar Amerika Selatan, mulai dari Sungai Orinoco di Venezuela hingga Sungai Parana di Argentina.

5. Kulit yang Dapat Mengeluarkan Suara

Para ilmuwan di Belgia menemukan fakta menarik bahwa kulit ikan piranha perut merah mampu mengeluarkanMereka menggunakan kantung renangnya, yang mengandung gas untuk menjaga keseimbangan. Kontraksi otot di sekitar kantung renang menghasilkan suara dengan frekuensi yang berbeda.

Meskipun piranha memiliki reputasi yang menakutkan, fakta-fakta ini menunjukkan bahwa mereka memiliki sisi-sisi menarik yang mungkin belum banyak diketahui oleh banyak orang.

Konten menarik tentang dunia agribisnis ( klik sini )

Posting Komentar

0 Komentar