Ad Code

Responsive Advertisement

Manfaat Buah Menteng Bagi Kesehatan

 

Menteng (Baccaurea racemosa) adalah tanaman yang berasal dari Melanesia bagian barat. Tanaman atau buah menteng ini dapat dijumpai di negara-negara seperti sebagian wilayah Indonesia, Thailand, Brunei Darussalam, dan Semenanjung Malaysia

Buah ini biasa disebut kemundung atau kepundung yang bentuknya mirip dengan buah duku, bentuk bulat dan kulitnya halus. Daging buahnya sedikit karena bijinya besar. Rasa buah menteng ini biasanya masam, meski ada juga yang manis.

Buah ini juga memiliki kandungan nutrisi yang beragam yang sangat bermanfaat bagi kesehatan diantaranya sebagai berikut.

1. Memelihara kesehatan mata

Buah menteng juga mengandung vitamin A yang terkenal sebagai vitamin mata. Selain memelihara kesehatan mata buah menteng juga efektif untuk mengatasi masalah peradangan seperti timbulnya bengkak pada mata.

2. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Manfaat buah menteng lainnya adalah mengatasi gangguan pencernaan, seperti diare. Manfaat yang satu ini karena kandungan asam galat dalam daging dan kulit buah menteng. Asam galat memiliki kandungan antibakteri, yang dapat bertindak sebagai anti-HIV dan antikarsinogenik.

3. Mencegah Anemia

Buah menteng menyimpan kandungan zat besi, salah satu kandungan mineral yang dapat membantu mencegah anemia atau kekurangan sel darah merah. Zat besi adalah mineral penting yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi sel darah merah.

4. Baik untuk kesehatan gigi

Kalsium pada buah menteng juga sangat baik untuk memelihara kesehatan gigi sehingga sangat baik dikonsumsi oleh semua orang termasuk anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan dan membutuhkan asupan kalsium yang cukup untuk pertumbuhan tulang dan giginya.

5. Baik untuk kesehatan tulang

Selain baik untuk kesehatan gigi konsumsi buah menteng juga berpengaruh positif untuk menyehatkan dan menguatkan tulang. Hal ini didukung oleh kandungan mineral berupa kalsium yang terdapat pada buah menteng. Tulang menjadi sehat dan kuat serta terhindar dari penyakit-penyakit yang menyerang tulang salah satunya osteoporosis.

6. Mencegah timbulnya sariawan

Rajin mengonsumsi buah menteng dan sumber makanan lain yang mengandung vitamin C sangat dianjurkan karena dapat mencegah timbulnya berbagai penyakit salah satunya sariawan.

7. Menjaga metabolisme tubuh

Konsumsi buah menteng juga dapat menjaga metabolisme tubuh sehingga berbagai proses dalam tubuh termasuk pencernaan dapat berjalan lancar. Tubuh pun menjadi lebih sehat dan bugar.

8. Mencegah penuaan dini

Antioksidan pada buah menteng juga dapat mencegah timbulnya tanda-tanda penuaan dini sehingga anda tampak lebih cantik dan awet muda.

Itulah diantara manfaat buah menteng untuk kesehatan yang penting sekali untuk diketahui. Mengingat manfaatnya, buah menteng dapat kamu jadikan sebagai salah satu buah untuk mendukung pola makan yang sehat.

KONTEN MENARIK TENTANG DUNIA AGRIBISNIS (KLIK SINI)

Posting Komentar

0 Komentar