Ad Code

Responsive Advertisement

5 Keuntungan Menggunakan Produk Organik Untuk Pertanian

 

Tak bisa dipungkiri bahwa kehadiran pestisida bagi petani sangat penting dan tak boleh ketinggalan demi panen yang besar. Pestisida, meski memiliki dampak buruk bagi lingkungan dan bahkan manusia juga, masih tetap tinggi penggunaannya di kalangan para petani.

Dampak terutama pada tanah dan udara, menjadi rusak akibat penggunaan bahan kimia diambang batas. Dengan demikian, pertanian organik mulai digalakkan kembali untuk menyelamatkan lingkungan alam. Salah satu langkahnya adalah dengan menggunakan produk organik.

Namun, apa saja sih keuntungan menggunakan produk organik bagi pertanian?

1.Sehat

Dengan bertanam menggunakan produk organik, lingkungan menjadi sehat dan aman bagi petani. Tidak hanya itu, produknya pun memiliki kandungan vitamin dan mineral yang jauh lebih tinggi dibandingkan yang non organik.

2. Menyuburkan Tanah Pertanian

Di dalam tanah subur terkandung bakteri, aktinomisetes, jamur, algae, protozoa, nematoda, cacing tanah, dan invertebrata lainnya.  Jumlahnya mencapai milyaran per 1 gram tanah.

Proses budidaya tanaman secara organik membuat tanah semakin subur.  Sebab penghuni tanah tersebut terus dilestarikan.  Semakin banyak jumlah mereka, maka tanah semakin subur. Sebaliknya, aplikasi pestisida pada pertanian non organik akan memusnahkan populasi mereka.  Demikian juga dengan timbunan residu pupuk kimia.  Akibatnya tanah akan menjadi miskin unsur hara.

3. Air Tanah Tidak Tercemar

Petani organik tidak menggunakan pestisida kimia. Bahan kimia ini tidak mudah terserap oleh air. Ketika air hujan turun, dia akan turun ke aliran sungai, sehingga mencemarinya. Makanya dengan menggunakan cara organik, kualitas air dapat terjaga.

Dengan demikian air tanah dan perairan di sekitarnya pun tidak akan tercemar zat berbahaya seperti pestisida.

4. Keanekaragaman Hayati Terjaga

Produk organik dihasilkan dari sistem budidaya yang tidak  merusak tatanan rantai makanan.  Sebab setiap organisme pengganggu tanaman memiliki musuh alami.  Petani memanfaatkan peran mereka.

5. Biaya operasional yang murah

Menerapkan pertanian yang lebih aman dan sehat, berarti Anda akan didukung penuh oleh Kementerian Pertanian dengan mendapat bantuan pupuk organik seperti kompos dan kandang. Bahkan Anda juga bisa memproduksi sendiri pupuk dengan menggunakan limbah hasil pertanian. Jadi, biaya untuk pupuk akan jauh lebih murah.

KONTEN MENARIK TENTANG DUNIA AGRIBISNIS (KLIK SINI)

Posting Komentar

0 Komentar