Ad Code

Responsive Advertisement

5 Tanaman Yang Hidup Di Gurun Pasir

 

Gurun merupakan wilayah dengan curah hujan yang rendah, yang sebagian besar terdiri dari pasir dan bebatuan. Rata-rata suhu di gurun adalah 18°C -  30°C, tetapi suhu ini dapat mencapai maksimum hingga 80°C. Dengan keadaan wilayah yang tandus dan kering, potensi kehidupan makhluk hidup sangat minim, termasuk tumbuhan. Kendati begitu, ada beberapa tumbuhan yang bisa ditemukan di wilayah gurun, berikut 5 di antaranya.

1. Kaktus

Kaktus memiliki akar yang panjang guna mencari sumber air untuk proses fotosintesis. Karena hidup di wilayah yang kering dan gersang, kaktus membuka stomatanya pada malam hari, di mana suhu udara menurun.Kaktus memilki duri dengan panjang dapat mencapai 15 cm. Duri ini berfungsi untuk mengurangi penguapan, memantulkan sinar cahaya agar tubuh tetap dingin dan untuk perlindungan dari serangan makhluk hidup lain.

2. Kurma

Selain kaktus, tumbuhan yang juga terkenal sebagai penghuni gurun pasir adalah pohon kurma. Buahnya yang selalu ada di bulan puasa ini merupakan jenis tumbuhan palem yang mampu bertahan hidup bahkan di daerah sangat kering sekaligus. Pohon kurma mampu tumbuh hingga mencapai tinggi 20 meter bahkan lebih dengan diameter batang 40 cm sampai 45 cm. Daun kurma sangat unik yaitu berdaun lebar hingga dengan diameter 3-4 meter. Pada setiap daun terlindungi oleh daun yang tajam.

3. Pohon Boojum

Pohon boojum memiliki nama ilmiah Fouquieria columnaris serta dikenal juga sebagai pohon cirio. Pohon ini memiliki bentuk yang sangat unik dimana batang pohon tumbuh dengan sangat ramping setinggi hingga 15 meter. Batang pohonnya memiliki ranting yang dilindungi oleh duri-duri tajam, Pohon ini memiliki bunga berwarna kuning yang tumbuh dalam tandan gantung.

4. Doum Palm

Tanaman palem memang dikenal sebagai tumbuhan yang mampu bertahan hidup di berbagai kondisi mulai dari yang subur hingga tanah tandus. Tak heran jika salah satu jenis palem dapat ditemukan di wilayah gurun misalnya doum palm. Doum palm mungkin namanya masih sangat asing bagi kita namun bagi umat muslim yang sudah pernah pergi ke tanah suci sudah tidak asing lagi sebab tumbuhan ini merupakan pohon dari buah zuriat. Tumbuhan ini tumbuh di wilayah Afrika dan Timur Tengah terutama di Mekkah dan Madinah.

5. Zaitun La Perinei

Pohon zaitun la perineum merupakan pohon yang hidup di wilayah terisolasi di Nigeria dan Aljazair. Pohon ini termasuk ke dalam golongan tumbuhan yang langka. Habitat pohon ini yaitu berada di dataran tinggi dengan curah hujan yang sangat rendah yaitu hanya 50 mm per tahun.

Nahitulah 5 Tanaman Yang Hidup Di Gurun Pasir

KONTEN MENARIK TENTANG DUNIA AGRIBISNIS ( KLIK SINI )

Posting Komentar

0 Komentar