Ad Code

Responsive Advertisement

6 Cara Merawat Bunga Mawar Agar Cepat Berbunga.

 

Mawar adalah salah satu jenis tanaman semak dari famili Rosaceae. Kata rosa sendiri berasal dari bahasa Latin yang artinya adalah bunga mawar. Tanaman ini memiliki beragam warna, dari yang paling dikenal yaitu mawar merah, kuning, putih, merah muda, sampai yang jarang diketahui seperti mawar berwarna ungu.

Dengan keindahannya bunga mawar tidak hanya dijadikan sebagai lambang cinta ia juga merupakan tanaman favorit banyak orang. Jenis tanaman ini juga mudah ditanam di mana saja.

1. Teknik Penyiraman yang Baik

Cara merawat bunga mawar yang terpenting adalah proses penyiraman. Selain merupakan sumber kebutuhan utama bagi proses biologis tumbuhan, penyiraman juga berperan sangat penting untuk mempercepat larutnya unsur hara yang akan diserap oleh akar mawar dan juga mengatur kondisi udara sekitar.

2. Rajin Memangkas Batang dan Daun

Selain cara menyirami mawar yang benar, cara merawat bunga mawar seperti, memangkas daun dan batang itu juga penting. Faktanya banyak orang mengeluhkan tanaman mawar miliknya tidak berkembang dengan baik tapi tidak menyadari kalau belum melakukan pemangkasan secara rutin.

3. Memberikan Pupuk

Cara merawat bunga mawar selanjutnya ialah memberi pupuk. Tujuan dari pemberian pupuk adalah untuk menambahkan unsur-unsur agar tanaman semakin subur. Pupuk yang disarankan untuk tanaman ini adalah pupuk kendang yang berasal dari kotoran hewan. Biasanya, kotoran yang dipakai berasal dari sapi dan kambing.

4. Intensitas Sinar Matahari yang Cukup

Sama dengan tanaman lainnya tanaman mawar juga membutuhkan sinar matahari untuk melakukan fotosintesis yang berfungsi untuk menghasilkan zat makanan bagi tanaman. Waktu yan paling disarankan untuk menjemur tanaman ini adalah pada jam 6-10 pagi.

5. Pengendalian Gulma

Supaya bunga mawar kamu cepat berbunga, maka kamu harus selalu mengendalikan gulma yang tumbuh di media tanaman tersebut secara rutin bukan hanya sesekali. Semua rumput-rumput pengganggu harus rajin untuk dibersihkan, jika tidak dicabut akan mengganggu proses pertumbuhan bunga mawar.

6. Pengendalian Hama dan Penyakit

Cara merawat bunga mawar yang benar, tidak pernah lepas dari bagaimana kita bisa melakukan pengendalian hama dan penyakit secara efektif. Karena ada banyak beragam jenis hama dan penyakit yang mengincar tanaman mawar. Paling umum, hama dapat berupa ulat daun yang menyebabkan dedaunan menjadi compang-camping. Hama ini bisa diberantas dengan menyemprotkan insektisida atau racun serangga.

Nah itulah 6 Cara Merawat Bunga Mawar Agar Cepat Berbunga.

KONTEN MENARIK TENTANG DUNIA AGRIBISNIS ( KLIK SINI )


Posting Komentar

0 Komentar