Ad Code

Responsive Advertisement

 


Ikan sapu-sapu merupakan ikan hias yang berasal dari perairan air tawar Amerika Selatan yang kini sudah tersebar ke seluruh penjuru dunia. Ikan ini memiliki bentuk tubuh memanjang dengan warna hitam pudar disertai bintik-bintik putih.

Ikan sapu-sapu familiar di kalangan pencinta ikan hias karena bisa dijadikan ikan pembersih akuarium. Ikan ini sangat malas berenang. Ikan sapu-sapu lebih memilih menetap di satu titik hingga beberapa waktu ke depan. Berikut fakta-fakta menarik tentang ikan sapu-sapu.

1. Bisa memakan segalanya

Ikan sapu-sapu bisa memakan segalanya sehingga termasuk omnivora. Akan tetapi, ikan ini lebih gemar memakan lumut atau alga yang menempel pada dinding akuarium atau pada dekorasi akuarium.

2. Bisa hidup bertahan lama

Ikan hias jenis ini memiliki harapan hidup lama. Jika dirawat dengan baik, ikan ini bisa hidup 10 hingga 15 tahun kemudian. Ikan ini jarang sakit. Penyebab utama ikan ini mati umumnya disebabkan karena stres.

3. Punya banyak jenis

Di Indonesia, jenis yang paling sering dijumpai ialah tiger plecostomus, yakni yang bercorak seperti macan tutul. Akan tetapi, jenis yang lainnya masih banyak. Ada yang bercorak hijau lumut hingga emas.

4. Dapat dikonsumsi

Umumnya, ikan ini dikenal tidak dapat dikonsumsi. Akan tetapi, faktanya ikan ini memiliki cita rasa yang enak. Hanya saja, sebelum mengonsumsinya, ketahui dulu habitatnya karena hewan ini pemakan segalanya sehingga bisa saja kualitas dagingnya buruk.

5. Mudah beradaptasi

Ikan sapu-sapu sangat mudah beradaptasi dengan lingkungannya. Ikan yang berasal dari air tawar ini bahkan bisa hidup di air payau. Begitu pula dengan cuaca. Ikan ini mampu bertahan di cuaca dingin maupun cuaca panas.

Nah Itulah 5 fakta tentang ikan sapu sapu yang jarang sobat green tau.

KONTEN MENARIK TENTANG DUNIA AGRIBISNIS ( KLIK SINI )

Posting Komentar

0 Komentar