Ad Code

Responsive Advertisement

Fakta Menarik Manggot Yang Unik

 

Maggot adalah larva dari lalat Black Soldier Fly (BSF). Maggot merupakan fase kedua dari proses metamorfosis lalat BSF dari telur menjadi lalat dewasa. Maggot memiliki siklus hidup selama 21 hari dan dapat mengonsumsi sampah organik.

 

Maggot memiliki tubuh berwarna hitam dan mirip dengan tawon. Maggot adalah agen pengurai yang efektif, berperan dalam mengurai materi organik yang sudah mati, seperti bangkai hewan dan sisa-sisa tumbuhan. Maggot juga dapat dijadikan sebagai pakan ternak dan pakan ikan.

Ini lah beberpa fakta menarik Manggot, yuk simak.

 

1. Maggot adalah bayi atau tahap larva pada lalat.

 

Secara umum, pengertian maggot atau belatung adalah tahap bayi atau larva pada lalat. Fase ini adalah fase kedua setelah telur, yang nantinya akan berubah menjadi kepompong, kemudian menjadi lalat. Membutuhkan waktu 14 hingga 36 hari agar telur berubah menjadi lalat.

2. Lalat betina hidup sekitar satu bulan.

 

Selama hidupnya, lalat menghasilkan 500 hingga 2000 telur. Ini berarti, dalam satu periode lalat dapat bertelur dengan jumlah 75 sampai 150 butir sekaligus. Telur-telur ini yang akan menetas menjadi maggot dalam waktu dua jam hingga tiga hari.

3. Panjang maggot adalah 3-9mm.

 

Setelah menetas, bayi lalat alias belatung dapat tumbuh sampai 20mm. Tubuhnya berwarna putih dan dapat hidup sekitar 8-10 hari.

4. Maggot tidak memiliki kaki.

 

Dari kejauhan, kita dapat menyaksikan betapa belatung bergerak seperti uget-uget. Ternyata, mereka tidak mempunya kaki, loh. Mereka memiliki mulut dengan kait pada ujung depan mereka untuk meraih daging yang membusuk atau makanan lainnya. Meskipun nafsu makan mereka tidak terbatas, ada kelemahan dalam sistem pencernaannya. Jadi, mereka mengeluarkan cairan yang mengandung enzim pencernaan untuk membantu mereka melarutkan makanan.

5. Belatung makan dalam kelompok besar, dan cairan untuk membantu sistem pencernaannya dapat memanaskan lingkungan terdekat mereka.

 

Larva ini mengatasinya dengan mundur ke tempat yang lebih dingin saat suhu menjadi tidak nyaman. Penelitian menunjukkan bahwa jika Anda menaruh cukup belatung di ruang tertutup dan menunggu beberapa waktu, suhu akan naik ke titik di mana mereka bisa mati — antara 40 derajat celcius sampai 50 derajat celcius.

 

Nah Itulah Fakta Menarik tentang  Manggot Yang Unik.( KLIK SINI )


Posting Komentar

0 Komentar