Ad Code

Responsive Advertisement

Tips Merawat Ayam Bangkok Agar Cepat Besar

 

Masa pertumbuhan anakan ayam bangkok dari masa tetas sampai dewasa memerlukan perawatan yang baik dan benar.

Agar pertumbuhannya pun dapat maksimal, kunci utama pertumbuhan ada pada usia 0-5 bulan.Hal ini karena pada masa-masa ini adalah masa keemasan ayam bangkok untuk tumbuh cepat atau malah lambat sehingga tidak dapat tumbuh besar.

Cara agar ayam bangkok dapat tumbuh besar dengan cepat pun dapat peternak lakukan juga. Adapun untuk cara tersebut sebagai berikut ini :

1. Memisahkan indukan ayam bangkok dan anakan ayam bangkok

Setelah telur-telur ayam bangkok menetas usahakan agar peternak segera melakukan pemisahan terhadap indukannya. Peternak dapat menempatkan anak ayam bangkok tersebut ke dalam kandang boks yang sudah diberikan lampu sebagai penghangat.

2. Memberikan suplemen ayam bangkok secara rutin

Pemberian suplemen pada ayam bangkok yaitu dengan memberikan produk suplemen, salah satunya PROJAJI MSG3. PROJAJI MSG3 dipercaya mampu menjaga kesehatan ayam bangkok sehingga dapat tumbuh dengan sehat dan baik. Pemberian PROJAJI MSG 3 dapat dicampurkan ke dalam minuman atau makanan ayam.

3. Memastikan pakan dan minum berkualitas

Pakan dan minum menjadi salah satu fator terpenting dalam peternakan ayam bangkok. Jadi peternak perlu memastikan bahwa pakan ayam bangkok dan minum terjaga kualitas dan kebersihannya.

4. Pemberian pakan campuran

Setelah ayam bangkok melewati masa-masa pertumbuhan atau masa starter di usia dua bulan. Peternak dapat memberikan pakan campuran dengan perbandingan 1 : 1 : 1. Pakan campuran dengan perbandingan tersebut dapat berupa dedak, voer, dan jagung giling.

5. Menjaga kebersihan kandang

Untuk menjaga kesehatan ayam bangkok, menjaga kebersihakan kandang menjadi salah satu faktor penting. Jika kebersihan kandang ayam bangkok terjaga dengan baik maka hama, kutu, bakteri, dan penyakit ayam lainnya tidak akan bersarang di dalam kandang.

6. Memilih indukan yang berkualitas

Sebelum peternak memutuskan untuk membeli ayam bangkok, peternak perlu memastikan bahwa ayam bangkok yang akan dibeli berasal dari keturunan indukan yang berkualitas. Faktor keturunan ternyata juga mempengaruhi pertumbuhan dari ayam bangkok tersebut. Seperti postur tubuh, warna bulu, kesehatan ayam, dan tidak adanya penyakit bawaan dari keturunan sebelumnya.

7. Menjemur anakan ayam bangkok

Menjemur anak ayam bangkok secara rutin di pagi hari ternyata dapat memberikan kekuatan pada tubuh anakan ayam bangkok.Selain itu anakan ayam bangkok tidak akan mudah terserang penyakit dan terbentuklah otot secara maksimal.

Demikanlah artikel kami tentang cara merawat ayam bangkok agar cepat besar. Semoga dapat bermanfaat dan membuat usaha atau pemeliharaan ayam bangkok Anda menjadi sukses.. Aamiin

 

KONTEN MENARIK TENTANG DUNIA AGRIBISNIS ( KLIK SINI )

Posting Komentar

0 Komentar