Ad Code

Responsive Advertisement

5 Jenis Ikan yang Bagus untuk Kecerdasan Otak

 

Ikan mengandung banyak nutrisi yang seringkali diabaikan oleh sebagian orang. Padahal, banyak jenis ikan yang bagus untuk kecerdasan otak anak dan dijual dengan harga terjangkau.

Perlu diketahui, nutrisi ikan termasuk protein berkualitas tinggi, yang juga mengandung yodium, dan berbagai vitamin serta mineral. Ikan dengan spesies yang berlemak dianggap paling sehat..

Ya, ikan adalah sumber asam lemak omega-3 yang sangat baik yang penting untuk fungsi dan perkembangan otak. Asam lemak omega-3 sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan otak. Asam docosahexaenoic (DHA) lemak omega-3 juga berperan penting untuk perkembangan otak.

1. Ikan tuna

Ikan tuna merupakan jenis ikan dengan kandungan protein tinggi, yakni berkisar antara 22,6 sampai 26,2 gram (g) per 100 gram daging dan lemak yang rendah berkisar antara 0,2 sampai 2,7 g/100 g daging. Selain itu, ikan tuna mengandung mineral kalsium, fosfor, besi dan sodium, vitamin A (retinol), dan vitamin B (thiamin, riboflavin, dan niasin). Bagian ikan tuna yang dapat dimakan berkisar antara 50 sampai 60 persen.

2. Ikan cakalang

Ikan cakalang memiliki kandungan protein 19,6 g/100 g daging dan lemak yang rendah sekitar 0,7 g/100 g daging. Nutrisi yang menjadi unggulan dan terkandung dalam ikan cakalang adalah vitamin B3, vitamin A, dan fosfor. Untuk Bunda ketahui, vitamin B3 memiliki sifat antioksidan kuat yang dapat mengikat dan menghilangkan radikal bebas yang merusak di neuron otak.

3. Ikan tongkol

Hampir sama dengan ikan cakalang, mengutip dari laman resmi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI), dalam 150 gram ikan tongkol mengandung 39 gram protein dan 1 gram lemak. Kandungan nutrisi yang tak kalah penting lainnya adalah vitamin A, C, kalsium, zat besi. Itu lah yang membuat ikan tongkol bagus dikonsumsi untuk anak-anak dalam pertumbuhan dan perkembangan otak. 

4. Ikan lele

Ikan satu ini sudah tak asing lagi dan banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia karena harganya yang terjangkau. Di samping harganya yang murah, ikan lele ternyata memiliki kandungan gizi yang bagus, Bunda. Dalam 100 gram ikan lele mengandung protein 17 gram, lemak 4,5 gram.

5. Ikan teri

Ikan teri memiliki kandungan vitamin B3 yang tinggi, yakni jenis vitamin yang membantu mengubah makanan menjadi energi. Ikan ini juga mengandung selenium dalam jumlah besar, yaitu mineral yang berperan dalam kesehatan jantung, tiroid, kekebalan tubuh, dan tulang. Terlebih lagi, ikan teri kaya akan asam lemak omega-3.

Nah itulah 5 Jenis Ikan yang Bagus untuk Kecerdasan Otak.

KONTEN MENARIK TENTANG DUNIA AGRIBISNIS ( KLIK SINI )

Posting Komentar

0 Komentar