Ad Code

Responsive Advertisement

Bicara Potensi Perikanan Cirebon.

 

Bakal Calon Wakil Gubernur Jawa Barat, Ilham Habibie melakukan kunjungan ke Cirebon, Jawa Barat. Ada berbagai kegiatan yang dilakukan oleh Ilham Habibie di daerah yang terletak di lintas utama jalur Pantura ini.

Ilham Habibie mengawali kunjungannya dengan menemui sejumlah warga di Kecamatan Palimanan, Kabupaten Cirebon. Dalam pertemuan itu, Ilham pun mendapat sejumlah pertanyaan.

Salah satunya pertanyaan yang dilontarkan oleh warga yaitu soal program makan siang gratis. Diketahui program makan siang gratis ini merupakan program yang digagas oleh pasangan Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Prabowo-Gibran.

"Jika bapak menang, bagaimana cara bapak menjembatani untuk merealisasikan program makan siang gratis?," tanya salah seorang warga kepada Ilham Habibie di Cirebon, Senin (16/9/2024).

Menanggapi pertanyaan itu, Ilham menyatakan akan mendukung program makan siang gratis tersebut. Dalam ini tentunya jika ia menang dalam Pemilihan Gubernur Jawa Barat 2024.

"Siapapun nanti yang menang, tentunya harus menjalankan program dari pemerintah pusat. Jadi mas Syaikhu (Ahmad Syaikhu) dan saya sendiri tentu akan menjalankan program dari pemerintah pusat," ujar Ilham Habibie.

Selain melakukan tanya jawab dengan warga, Ilham pun turut berbicara tentang upaya untuk lapangan pekerjaan di wilayah Jawa Barat. Menurut Ilham, salah satu cara untuk membuka lebar lapangan pekerjaan ini adalah melalui sektor industri.

"Jabar ini kan provinsi yang amat sangat besar. Dengan lebih dari 50 juta orang. Jadi lapangan pekerjaan yang perlu kita ciptakan memang juga dalam jumlah yang sangat banyak. Dan menurut paham saya, satu-satunya sektor yang bisa menyediakan lapangan pekerjaan dalam jumlah banyak itu adalah industri," kata Ilham.

"Tentu bukan berarti kita akan abaikan sektor lain. Seperti sektor pertanian, perikanan dan lain-lain," kata Ilham menambahkan.

Khusus Cirebon, Ilham menyebut daerah berjuluk Kota Udang ini memiliki potensi besar dari sektor perikanan. Ilham pun menginginkan agar potensi tersebut bisa turut membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

"Perikanan di Jawa Barat itu, kebanyakan datang dari sini, dari Cirebon dan Indramayu. Tapi kita jangan fokus ke komoditasnya saja. Tapi juga pengolahan dan sebagainya. Itu juga sekaligus masuk ke industri," kata Ilham.

Setelah melakukan tanya jawab dengan warga di Kecamatan Palimanan, Ilham Habibie lalu melanjutkan kunjungannya ke salah satu wisata belanja. Yaitu ke kawasan Batik Trusmi di Kecamatan Plered, Kabupaten Cirebon.

Di lokasi ini, Ilham Habibie langsung menyambangi salah satu toko dan melihat langsung koleksi-koleksi batik yang ada. Selain itu, Ilham pun turut melihat langsung bagaimana batik-batik tersebut dibuat.

Ilham mengaku terkesan setelah melihat banyaknya kain batik yang terdiri dari berbagai motif. Tidak terkecuali motif yang cukup terkenal dari Cirebon, yakni motif mega mendung.

"Saya sangat suka dengan corak-corak (motif) yang ditemukan di sini. Ada yang sudah terkenal sekali yaitu mega mendung. Tapi ada juga yang lain-lain dan bagus-bagus," kata Ilham.

Menurut Ilham, batik sendiri merupakan warisan budaya yang harus terus dijaga dan dilestarikan. Saat berkunjung ke kawasan Batik Trusmi, Ilham pun menyempatkan diri untuk membeli beberapa potong kain batik.

sumber : www.detik.com ( KLIK SINI )

Posting Komentar

0 Komentar