Ad Code

Responsive Advertisement

5 Daerah Penghasil Cabai Merah Terbesar di Indonesia


Cabai merah adalah salah satu bumbu dapur yang hampir selalu ada di dapur. Pasalnya, kebanyakan masakan Indonesia menggunakan cabai ini untuk menambah cita rasa pedas.

Komoditas pertanian ini pun memiliki peranan penting terhadap perekonomian suatu daerah di dalam negeri. Hal ini karena hampir sebagian besar daerah di Indonesia memproduksi cabai merah.

Berikut lima daerah yang dikenal sebagai produsen cabai merah terbesar di Indonesia.

1.Sumatera Barat

Sumatera Barat dikenal sebagai daerah yang mampu menghasilkan cabai merah dalam jumlah yang melimpah. Hal ini juga sesuai dengan kebutuhan akan cabai merah di daerah ini yang mencapai 30 ribu ton setiap tahunnya.

2. Jawa Timur

Jawa Timur dikenal juga sebagai penghasil komoditas cabai merah terbesar di dalam negeri.

Berdasarkan data, di provinsi ini terdapat lahan seluas 13,571 hektar untuk ditanami cabai merah. Dari luas panen tersebut, tercatat mampu menghasilkan cabai

3. Sumatera Utara

Selanjutnya yang menjadi daerah penghasil cabai merah terbesar di dalam negeri adalah Sumatera Utara.

Provinsi ini memiliki luas panen hingga berkisar 14,454 hektar. Dari luas tersebut Sumatera Utara mampu memproduksi cabai merah hingga 152,630 ton. Dengan begitu, dalam 1 hektar lahan mampu menghasilkan cabai merah sebesar 10,56 ton.

4. Jawa Barat

Jawa Barat memiliki luas lahan yang ditanami cabai merah berkisar 16,315 hektar. Meski begitu, provinsi ini justru mampu memproduksi cabai merah hingga 242,113 ton.

5. Jawa Tengah

Jawa Tengah juga menjadi salah satu provinsi di Pulau Jawa yang menjadi produsen cabai merah. Lokasi sentra produksi dari cabai merah yang ada di Jawa Tengah berada di Brebes, Banjarnegara, Magelang, dan Temanggung.

Itu dia beberapa daerah yang termasuk ke dalam daftar provinsi penghasil cabai terbanyak di Indonesia.

KONTEN MENARIK TENTANG DUNIA AGRIBISNI ( KLIK SINI )

Posting Komentar

0 Komentar