Ad Code

Responsive Advertisement

Manfaat Buah Carica Untuk Kesehatan

 


Buah carica adalah buah yang pertama kali ditemukan di Amerika. Sedangkan di Indonesia sendiri hanya tumbuh di Dataran Tinggi Dieng, Wonosobo, Jawa Timur. Karena hanya tumbuh di Dataran Tinggi Dieng, buah ini sulit didapatkan dan kita tidak mudah menemukannya di supermarket manapun.

Buah yang memiliki fisik seperti buah Pepaya ini memiliki banyak khasiat di balik sulitnya menemukan buah ini. Buah carica mengandung banyak Serat, Vitamin A, Vitamin B Kompleks, Vitamin C, Enzim papain, dan Kalsium yang tentunya bermanfaat bagi tubuh kita.

1.Menunjang kesehatan kulit

Kandungan vitamin C mampu melawan radikal bebas akibat paparan sinar UV, debu, dan polusi. tersebut juga dapat mencegah tanda penuaan kulit, seperti keriput atau kerutan. Kandungan vitamin E membantu menjaga kelembapan dan mencegah penuaan dini, seperti garis halus, garis senyum, dan kerutan pada dahi.

2. Menunjang Kesehatan Mata

Vitamin A dalam buah ini mampu menjaga kelembapan mata, sehingga terhindar dari mata kering.Kondisi mata kering dapat menyebabkan infeksi dan gatal.

3. Meningkatkan Kesehatan Rambut

Manfaat buah carica selanjutnya adalah meningkatkan kesehatan rambut dari kerusakan akibat paparan sinar matahari.Buah ini bekerja dengan melembapkan, melembutkan, dan menyehatkan akar maupun lapisan rambut.

4. Meredakan Asam Lambung

Cacica mengandung enzim papain yang mampu menjaga keseimbangan asam lambung dan membunuh bakteri pada usus.

5. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Kandungan antioksidan, kalsium, serat, dan vitamin di dalam carica menunjang fungsinya dalam melawan radikal bebas.

6. Melancarkan pencernaan

Manfaat buah carica yang satu ini bisa dirasakan karena kandungan serat tinggi di dalamnya. Mampu melancarkan pencernaan dengan menyerap air ke dalam usus besar. Hal tersebut membuat tekstur tinja menjadi lembut, sehingg tidak terjadinya sembelit. Selain itu, carica juga mengandung antibakteri yang mampu membunuh bakteri penyebab infeksi pada usus.

7. Meningkatkan kesehatan tulang

Carica termasuk buah yang kaya kalsium dan fosfor. Kebutuhan kedua nutrisi tersebut perlu dicukupi untuk meningkatkan atau menjaga kesehatan tulang, sehingga tulang tidak mudah mengalami pengeroposan di usia lanjut.

8. Mencegah penyakit kanker

Penelitian menujukkan bahwa kandungan beta karoten di dalam buah carica dapat menurunkan risiko terkena penyakit kanker. Manfaat ini diperoleh berkat kemampuan beta karoten dalam menangkal bahaya radikal bebas yang dapat menjadi pemicu penyakit tersebut.

Itu dia beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari buah carica.

KONTEN MENARIK TENTANG DUNIA AGRIBISNIS ( KLIK SINI )

Posting Komentar

0 Komentar