Ad Code

Responsive Advertisement

Manfaat lengkuas untuk kesehatan

 

Lengkuas merupakan salah satu rempah khas Indonesia yang kerap digunakan sebagai bumbu makanan. Selain itu, manfaat lengkuas pun begitu banyak terutama untuk kesehatan.

Lengkuas memiliki rasa pedas yang tajam, hampir seperti jeruk. Sedangkan jahe segar, terasa pedas, dan tidak terlalu manis. Kulit lengkuas lebih halus dan lebih pucat dari jahe dan dagingnya jauh lebih keras.

Berikut ini lima manfaat lengkuas untuk kesehatan.

1. Mencegah Kanker

Manfaat lengkuas lainnya yaitu dapat mencegah kanker. Lengkuas adalah anggota keluarga Zingiberaceae, yang juga termasuk jahe, kunyit, dan kapulaga. Kelompok tanaman ini mengandung fitokimia yang terkait dengan pencegahan kanker berkat sifat antioksidan dan antikarsinogeniknya.

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Studi menunjukkan bahwa manfaat lengkuas dapat mengurangi kontraksi jantung dan melindungi dari pingsan maupun serangan jantung. Lengkuas memiliki jumlah serat yang baik sehingga menjadikannya rempah yang bagus bagi penderita penyakit jantung.

3. Memperkuat Imun Tubuh

Lengkuas memiliki jumlah Vitamin C yang baik dan lebih dari selusin antioksidan termasuk alpine dan galangin sehingga menjadikannya penambah kekebalan.

4. Mengontrol kadar kolesterol

 kandungan polifenol yang terdapat dalam laos juga sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Kandungan kalium dalam lengkuas juga membantu menurunkan kadar kolesterol jahat serta meningkatkan kadar kolesterol yang baik pada tubuh.

5. Mengatasi sembelit

Manfaat laos atau lengkuas, kaya akan serat sehingga membantu meringankan tugas usus ketika harus mencerna makanan yang berat.

Nah, itu dia beberapa manfaat dari lengkuas. Ternyata bukan hanya bermanfaat sebagai bumbu dapur saja tetapi juga sangat baik untuk kesehatan.

KONTEN MENARIK TENTANG DUNIA AGRIBISNIS ( KLIK SINI ) 


Posting Komentar

0 Komentar