Ad Code

Responsive Advertisement

5 Komoditas Sayuran dengan Produksi Terbesar

 

Dalam kehidupan sehari-hari, banyak dari kita tidak menyadari bahwa ada beberapa sayuran atau buah-buahan yang dikonsumsi merupakan hasil dari tanaman hortikultura.

Indonesia sendiri merupakan salah satu negara penghasil komoditas hortikultura di dunia. Tak heran, sebab indonesia negara yang memiliki lahan pertanian yang berlimpah.

Komoditas sayuran semusim (Seasonal vegetable) mempunyai kontribusi besar terhadap produksi hortikultura Indonesia dan memberikan pendapatan bagi masyarakat dan negara.

Berikut 5 daftar teratas komoditas sayuran di Indonesia yang dirilis oleh  Badan Pusat Statistik (BPS) mengenai hasil pendataan Hortikultura Indonesia pada tahun 2020.

1. Bawang Merah       

Bawang merah (Shallot) merupakan komoditas sayuran tertinggi di Indonesia sesuai data BPS tahun 2020. Produksi bawang merah mencapai 1,82 juta ton. Komoditas bawang merah terbesar dihasilkan dari provinsi Jawa Tengah dengan kontribusi mencapat 22,86 persen terhadap produksi nasional, peringkat berikutnya dihasilkan oleh provinsi Jawa Timur, dan Nusa Tenggara Barat.

2. Bawang Putih

Produksi bawang putih (Garlic) tahun 2020 mencapai 81,8 ribu ton, dengan provinsi Jawa Tengah sebagai penghasil tertinggi, diikuti oleh Nusa Tenggara Barat dan Jawa Timur. Konsumsi bawang putih teringgi diserap oleh sektor rumah tangga dengan mencapai 450,85 ribu ton.

3. Cabai

Produksi cabai (Chilli) tahun 2020 mencapai 2,77 juta ton, yang terdiri dari Cabai Besar (Red Chilli) mencapai 1,26 juta ton dan Cabai Rawit (Cayenne paper) mencapai 1,51 juta ton.

Secara keseluruhan, provinsi dengan produksi cabai terbesar adalah Jawa Timur yang berkontribusi sebesar 28,28 persen, diikuti provinsi Jawa Barat, dan Jawa Tengah.

4. Kentang

Produksi kentang (Potato) tahun 2020 mencapai 1,28 juta ton, dengan musim panen tertinggi pada bulan Oktober yaitu mencapai 124,72 ribu ton dengan luas panen 5,97 ribu hektar.

Daerah penghasil kentang tertinggi adalah provinsi Jawa Timur yang berkontribusi sebesar 27,61 persen terhadap produksi nasional, disusul Jawa Tengah, dan Jawa Barat.

5. Tomat    

Produksi tomat (Tomato) tahun 2020 mencapai 1,08 juta ton, dengan musim panen tertinggi terjadi di bulan April yang mencapai 99,37 ribu ton dengan luas panen 9,45 ribu hektar. Daerah penghasil tomat tertinggi adalah provinsi Jawa Barat dengan kontribusi sebesar 27,58 persen, disusul oleh Sumatera Utara, dan Sumatera Barat.

Itu dia beberapa daftar komoditas sayuran di indonesia dengan berdasarkan produksi terbesarnya.

KONTEN MENARIK TENTANG DUNIA AGRIBISNIS (KLIK SINI)

Posting Komentar

0 Komentar