Ad Code

Responsive Advertisement

Fakta Menarik Ayam Kalkun


 

Kalkun merupakan spesies burung berukuran besar dari ordo Galliformes dan genus Meleagris. Ayam kalkun merupakan salah satu jenis unggas dengan tubuh yang besar. Hewan yang pertama kali ditemukan di Amerika umumnya dijadikan binatang peliharaan.

Nama “kalkun” diambil dari bahasa Belanda, yaitu “Kalkoen” yang konon kabarnya terinspirasi dari nama salah satu kota terkenal di India, Kalkuta. Sedangkan dalam bahasa Inggris, kalkun dikenal dengan nama Turkeys.

Daging kalkun terkenal karena kelezatannya, sehingga sering dijadikan sebagai hidangan khusus, pada saat perayaan hari besar di beberapa negara, seperti Amerika dan Eropa. Ayam kalkun juga menjadi ikon dari hari Thanksgiving atau perayaan hari panen dan ungkapan rasa syukur selama setahun.

Apa saja fakta unik yang menarik dari Ayam kalkun?

1. Saudara T.Rex

Tulang wishbone (tulang garpu) kalkun dibentuk oleh perpaduan dua tulang selangka burung. Disebut furcular, tulang ini berfungsi sebagai titik penghubung otot dan penyangga sayap.

Selama kalkun mengepak, tulang fucrular bertindak sebagai pegas untuk menyimpan dan melepaskan energi. Ternyata, tulang garpu ini juga berfungsi sebagai pengingat bahwa burung berevolusi dari sekelompok dinosaurus.

Para peneliti telah menemukan bahwa tulang garpu berusia lebih dari 150 juta tahun juga berada di theropoda, sekelompok dinosaurus pemakan daging yang mencakup T. rex dan Velociraptor.

2. Sering dijuluki sebagai Ayam Turki

Pada awal penemuan kalkun, banyak yang mengira bahwa hewan tersebut berasal dari negara Turki, karena sering diimpor dari Eropa melalui Turki.

Ternyata kalkun tidak berasal dari negara Turki. Kalkun pada awalnya ditemukan di Meksiko dan Amerika Utara sekitar 400 tahun yang lalu.

3. Mampu bereproduksi aseksual

Kalkun dapat bertelur tanpa melalui proses perkawinan dengan pejantannya. Meskipun demikian, telur yang dihasilkannya cenderung lemah menetas menjadi anak kalkun. Kemampuan bereproduksi secara aseksual ini dapat menguntungkan peternak, karena mereka tidak perlu memelihara sepasang burung kalkun untuk menghasilkan telur.

4. Menarik perhatian lawan jenis dengan Menari

Ada sebuah kebiasaan unik yang dilakukan oleh kalkun jantan untuk menarik perhatian kalkun betina. Di dalam menarik kalkun betina untuk kawin, maka kalkun jantan akan melakukan gerakan menari dengan menggetarkan bulu-bulu mereka sambil berlari kecil.

KONTEN MENARIK TENTANG DUNIA AGRIBISNIS ( KLIK SINI )

Posting Komentar

0 Komentar