Ad Code

Responsive Advertisement

Fakta Unik Belut Listrik Yang Mematikan

 

Setiap hewan memiliki keunikan dan karakteristik sendiri-sendiri yang menarik. Keunikan dan ciri khas tersebut menjadikan hewan tertentu menjadi mudah dikenali, salah satunya adalah belut listrik.

Belut listrik adalah salah satu dari lima ratus jenis ikan air tawar yang dapat menghasilkan aliran listrik. Ikan ini bisa menghasilkan listrik sampai dengan 650 volt untuk berburu dan membela diri.

Belut listrik memiliki nama ilmiah Electrophorus electricus.  Belut listrik berasal dari daratan Amerika Selatan yang penyebarannya sampai saat ini belum begitu luas. Hewan ini sering dijumpai di sungai Amazon dan Orinoco.

Belut listrik mampu tumbuh hingga panjang mencapai 2,5 meter dan berat 20 kg. Akan tetapi pada umumnya belut listrik memiliki panjang sekitar 1 meter.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa fakta belut listrik yang perlu kamu ketahui.

1. Memiliki Umur Cukup Panjang

Rata-rata umur ikan ini di alam liar masih belum diketahui, namun dalam penangkaran atau lingkungan terkendali, belut listrik pria biasanya hidup 10 hingga 15 tahun. Sementara pada wanita umumnya hidup 12 hingga 22 tahun.

2. Dapat mengeluarkan listrik hingga 860 volt

Para peneliti dari Museum Nasional Sejarah Alam Smithsonian menemukan fakta lain dari belut listrik. Data ini dikutip dari TravelDetik. Mereka mengidentifikasi dua spesies baru yang hidup di hutan hujan Amazon.

Salah satu spesies baru yang ditemukan itu bernama electrophorus voltai dapat mengeluarkan listrik hingga 860 volt listrik. Ini lebih besar dari yang dihasilkan oleh spesies belut listrik yang telah dikenal, electrophorus electricus.

3. Mampu membunuh manusia

Hasil penelitian menemukan bahwa belut listrik menggunakan energi listriknya untuk menemukan mangsanya. Bahkan mereka bisa memaksa mangsa tersenut keluar dari tempat persembunyiannya.

Laporan studi yang dimuat di jurnal Science menyebut, ikan ini memakai energi mereka seperti alat pengontrol yang efektif atas para korbannya.

Ikan ini menggunakan gelombang listrik yang memicu kejang pada saraf pengontrol otot sehingga korbannya lumpuh. Besarnya listrik yang dihasilkan cukup kuat untuk melumpuhkan manusia.

4. Punya sel yang bisa menghasilkan aliran listrik kuat

Sekitar 80 persen organ tubuh belut listrik bisa menghasilkan aliran listrik. Belut listrik memakai energi tersebut untuk mempertahankan diri dari predator atau untuk menyerang mangsanya.

Belut listrik punya lebih kurang 6 ribu sel (dikenal sebagai electrocyte) yang menghasilkan listrik. Mereka bisa menghasilkan listrik sampai 600 volt, yang artinya lima kali lebih kuat dibandingkan kekuatan listrik dari stop kontak standar.

Itu dia beberapa fakta unik mengenai ikan belut listrik yang mematikan, semoga bermanfaat.

KONTEN MENARIK TENTANG DUNIA AGRIBISNIS (KLIK SINI)

Posting Komentar

0 Komentar