Ad Code

Responsive Advertisement

Tips Jitu Agar Tabulampot Cepat Berbuah

 

Tabulampot atau tanaman buah dalam pot telah lama digunakan sebagai metode untuk menanam buah di lahan yang sempit. Metode budidaya tanaman buah dalam pot (tabulampot) dibuat untuk menjawab tantangan keterbatasan lahan.

Tabulampot adalah kepanjangan dari tanaman tumbuh dalam pot yang memiliki arti yaitu tumbuhan yang dibudidayakan didalam pot yang tujuannya yaitu untuk hiasan ataupun untuk di produksi buahnya.

Akan tetapi, tak semua tabulampot dapat menghasilkan buah. Hal tersebut sering terjadi dan bisa saja salah satu penyebabnya berasal dari kesalahan kita dalam merawat tabulampot.

Nah, berikut kami berikan tips jitu agar tabulampotmu cepat berbuah!

1.Pemilihan Bibit Yang Sesuai

Perolehan bibit harus jelas asalnya dan pastikan terjamin kualitas serta keasliannya. Selain itu juga perhatikan bibit yang mana yang cocok ditanam didaerahmu, jangan sampai kamu menanam bibit yang harusnya cocok di dataran tinggi tapi daerahmu adalah dataran rendah. Karena hal tersebut dapat mempengarungi kemampuan pertumbuhan tanaman.

Jangan lupa pastikan bibit yang akan ditanam juga telah cukup umur. Usia yang ideal adalah antara 4-6 bulan sejak bibit turun dari induknya.

2. Media tanam harus subur dan gembur

Artinya, media tanam harus memenuhi syarat tumbuh tanaman. Untuk itu harus memahami jenis campuran media yang cocok untuk suatu tanaman buah. Media tanam terdiri atas tanah, pupuk kandang, kompos, dan bahan lain sebagai tambahan. Penggantian media tanam sangat disarankan setahun sekali. Cara penggantiannyapun bisa dilakukan hanya sebagian media tanam.

3. Suplemen Yang Seimbang Untuk Tanaman

Kebutuhan hara dan nutrisi juga harus cukup. Untuk itu, dibutuhkan pemupukan secara rutin. Kelebihan dan kekurangan dosis tentu dapat berdampak buruk bagi tanaman. Pada intinya tanaman membutuhkan unsur hara makro (N,P, dan K) serta unsur hara mikro , seperti: Ca,Mg,dan S. Pastikan waktu dan cara pemberiannya tepat agar tanaman dapat memanfaatkan pupuk secara maksimal. Sehingga tabulampot cepat berbuah.

Disamping itu, supaya tabulampot cepat berbuah dan tumbuh subur harus diberikan suplemen tanaman. Suplemen ini bisa merangsang tumbuh supaya lebih cepat berbuah. Suplemen ini bisa berbentuk pupuk organik seperti kompos organik ataupun pupuk organik cair misalnya Punica MSG 3.

4. Intensitas sinar matahari

Semua tanaman membutuhkan matahari untuk mempercepat sistem fotosintesisnya. Tetapi perlu diingat, tidak semua jenis tanaman senang dengan cahaya matahari yang terlampau banyak. Intinya sesuaikan cahaya dengan kebutuhan tanaman.

 

5. Pengendalian hama dan penyakit

Ada banyak jenis hama dan penyakit yang dapat menyerang tanaman. Untuk itu, diperlukan perawatan secara intensif agar tanaman terhindar dari serangan hama dan penyakit sehingga tabulampot cepat berbuah.

6. Teknik Pemangkasan Yang Tepat

Nah, supaya tabulampot cepat berbuah, kamu pun dapat melakukan pemangkasan. Kamu bisa melakukan pemangkasan sesuai bentuk untuk mengatur postur tanaman agar seluruh bagiannya terkena sinar matahari. Selain itu, kamu juga bisa melakukan pemangkasan tabulampot yang dilakukan terhadap tunas untuk merangsang bunga serta pemangkasan yang dilakukan pada tanaman tua.

7. Penyiraman yang Tepat

Tabulampot juga perlu kamu siram secara rutin setiap harinya pada pagi ataupun sore hari. Jika kamu melihat bahwa tabulampot yang kamu rawat tampak kering, kamu pun wajib menyiramnya secara langsung, baik itu menggunakan gembor ataupun selang air.

Nah, itu dia beberapa tips yang bisa kamu coba untuk mengoptimalkan tabulampot supaya tumbuh optimal dan cepat berbuah. Jika kamu ingin mencoba membuat tabulampot, jangan lupa untuk perhatikan aturan merawatnya dengan benar ya , Sobat Green!

KONTEN MENARIK TENTANG DUNIA AGRIBISNIS (KLIK SINI)

Posting Komentar

0 Komentar