Ad Code

Responsive Advertisement

Fakta Menarik Bunga Turi

 

Bunga turi atau kembang turi merupakan bunga yang bisa dimakan. Memiliki nama ilmiah Sesbania grandiflora, pohon dari bunga turi mudah dijumpai di Indonesia. Terdapat dua jenis bunga turi, yakni yang berwarna putih dan berwarna merah.

Bunga turi biasanya dimasak seperti sayur asem memiliki rasa agak pahit dan juga gurih. Selain sayur asem, biasanya juga digunakan sebagai lalapan untuk pecel. Habitat dari bunga Turi berada di Asia Tenggara dan Asia Selatan. Dijumpai di Indonesia, Malaysia, Filipina, dan India.

Nah, apa saja si fakta menarik tentang bunga turi? Yuk mari kita simak.

1. Dapat Dikonsumsi

Hal ini karena bunga turi mengandung saponin, tanin glikoside, perioksidase vitamin A serta vitamin B. Bunga kembang turi mengandung kalsium, zat besi, zat gula, vitamin A serta vitamin B yang mempunyai manfaat untuk melembutkan kulit, pencahar dan penyejuk.

2. Memiliki  2 jenis bunga turi

Terdapat dua jenis bunga turi, yakni yang berwarna putih dan berwarna merah. Bunga turi biasanya dimasak seperti sayur asem memiliki rasa agak pahit dan juga gurih. 

3. Daun majemuk dan tersebar

Daun penumpu berukuran 0,5-1 cm dan anak daunnya berbentuk jorong memanjang dan menyirip genap. Tangkai bunga yang dimiliki adalah 20-30 cm dengan tangkai pendek dan setiap tangkai memiliki 20-40 daun.

4. pohonnya kecil dan pendek

Tanaman turi sendiri memiliki pohon yang kecil dengan ketinggian 5-12 m. Batang yang dimiliki tanaman turi memiliki lapisan gabus yang mudah terkelupas, tetapi berlendir dan berair. Rantingnya menggantung dan memiliki kulit luar yang tidak rata.

5. Dapat Mengatasi Sariawan

Untuk mengobati sariawan, kulit batang dari pohon dapat digunakan dengan meremasnya di dalam air. Kemudian air yang sudah berisi sari-sari kulit pohon tersebut digunakan untuk berkumur. Selain itu juga bisa direbut terlebih dahulu dan air rebusan dapat diminum.

Itulah beberapa fakta menarik tentang bunga turi.

KONTEN MENARIK TENTANG DUNIA AGRIBISNIS ( KLIK SINI )

Posting Komentar

0 Komentar