Ad Code

Responsive Advertisement

Manfaat Melon Tanduk Bagi Kesehatan

 

Melon Tanduk berasal dari Afrika, ada jenis buah bernama melon tanduk yang disebut juga dengan kiwano. Jika sudah matang, buah dengan nama lain Cucumis metuliferus ini akan berwarna kuning. Dibandingkan dengan jenis buah lain, 16% kalorinya datang dari protein.

Buah melon tanduk mengandung vitamin C, protein, sukrosa, d-glukosa, d-fruktosa, serat detergen netral, asam quinat, asam malat, asam sitrat, abu, Na, K, Ca, Mg, Fe, Cu, Zn, Mn, dan fosfat.Selain itu, kulit buah melon tanduk menunjukkan kemampuan menangkap ion besi yang kuat. Suatu penelitian juga menyatakan buah ini mengandung saponin, senyawa yang sering kali beracun tetapi mengandung banyak khasiat obat.

Ingin tahu khasiat seputar melon tanduk? Berikut ini ulasannya!

1. Mengendalikan gula darah

Melon asal Afrika ini termasuk buah yang mengandung indeks glikemik tinggi. Artinya, ketika dikonsumsi dapat menyebabkan kenaikan gula darah dalam tubuh secara signifikan. Bukan hanya itu, melon tanduk juga kaya akan magnesium. Ini adalah jenis mineral yang terlibat langsung dalam proses metabolisme glukosa dan insulin.

2. Baik untuk kulit

Berkat kandungan vitamin C dan 88% kandungan melon tanduk yang merupakan air, ini dapat memberi stimulasi produksi kolagen. Bukan hanya itu, manfaatnya juga terasa dalam proses penyembuhan luka dan perlindungan dari sinar matahari.

3. Mencukupi kebutuhan cairan

Berkat kandungan elektrolit seperti potasium, magnesium, dan juga sodium dalam buah ini, kebutuhan cairan secara tidak langsung bisa tercukupi. Menariknya, sebanyak 88% kandungan melon bertanduk ini merupakan air yang mengandung karbohidrat dan elektrolit.

4. Kaya antioksidan

Sumber antioksidan utama dalam melon kiwano adalah vitamin C, vitamin A, zinc, dan juga lutein. Kombinasi seluruh antioksidan ini dapat meredakan peradangan dan mencegah terjadinya penyakit kronis seperti diabetes, penyakit jantung, dan jenis kanker tertentu.

5. Produksi sel darah merah

kiwano bisa jadi pilihan karena memenuhi 13% kebutuhan harian manusia. Ketika asupan zat besi tercukupi, maka produksi sel darah merah pun bisa optimal. Ini penting demi melancarkan distribusi oksigen ke seluruh tubuh.

6. Menyehatkan jantung

Mengingat melon kiwano merupakan sumber magnesium dan potasium, dampaknya bisa mengurangi peradangan hingga mencegah akumulasi plak di pembuluh darah. Tak hanya itu, mineral ini juga berperan dalam mengendalikan tekanan darah.

 7. Mencegah kehilangan elektrolit

Melon tanduk merupakan jenis buah yang mengandung kandungan air serta elektrolit. Dilansir elektrolit yang ada dalam melon tanduk membantu sel tubuh berfungsi sebagaimana mestinya. Elektrolit, merupakan mineral penting seperti kalsium, natrium, dan kalium, membantu kinerja saraf dan otot pada tubuh.

8. Potensi membuat mood lebih baik

Adanya magnesium dan zinc dalam melon bertanduk rupanya berhubungan erat dengan kesehatan mental dan juga fungsi otak. Kedua jenis mineral itu berperan dalam produksi neurotransmitter yang berpengaruh pada mood.

Nah itula, Manfaat Melon Tanduk Bagi Kesehatan


KONTEN MENARIK TENTANG DUNIA AGRIBISNIS ( KLIK SINI )

 


Posting Komentar

0 Komentar