Ad Code

Responsive Advertisement

Cara Budidaya ikan baung

 

Perlu kamu ketahui ikan baung merupakan salah satu ikan yang lezat untuk kamu konsumsi, serta memiliki banyak peminatnya. Ikan baung memiliki bentuk menyerupai seperti ikan lele.

Baung adalah ikan yang termasuk marga Hemibagrus dari suku Bagridae. Ikan ini banyak menyebar luas pada Negara seperti India, Cina selatan, Asia Tenggara. Hemibagrus itu sendiri adalah kata ilmiah yang berasal dari bahasa Latin hemi yang artinya “setengah” atau “separuh”, serta bagrus, yakni sejenis seperti ikan laut. Inilah cara budidaya ikan baung.

1. Pemilihan Bibit Ikan Baung

Salah satu hal yang wajib kamu ketahui sebelum melakukan budidaya ikan baung yakni masalah pemilihan benih atau bibit. Hal ini wajib dan sangat penting untuk kamu perhatikan, mengingat bibitlah yang akan menentukan kualitas hasil panen ikan baung milik kamu nantinya.

2. Tempat Budidaya

Budidaya ikan baung perlu kamu persiapkan sedini mungkin termasuk masalah lokasi atau tempat hidup. Usahakan kolam yang kamu pilih untuk budidaya ikan baung ialah kolam tanah dengan air yang cukup tenang tenang.

3. Pakan

Cara budidaya ikan baung yang penting yakni masalah pakan. Pemberian pakan ikan baung ini sejatinya hampir sama dengan pakan ketika budidaya ikan jenis lainya. Berikan pakan sebanyak 3 kali sehari secara rutin ya yakni ketika pagi, sore, serta malam hari.

4. Perhatikan suhu air

Sifat fisika kimia pada air, misal suhu air alangkah baiknya kamu usahakan berkisar antara 26 – 30 derajat celcius dengan pH sekitar 4 – 9 ppm, kandungan oksigen terlarut yakni minimal 1 mg atau liter optimal yakni 5 – 6 ppm, serta kandungan NH3 yang kurang dari 1,5 ppm.

5. Penyebab Kegagalan Cara Budidaya Ikan Baung

Ketika mendirikan suatu usaha kamu tidak boleh lengah, sebaiknya kamu dalami ilmunya dengan cara terus belajar agar hasil sesuai dengan harapan Berikut faktor penyebab kegagalan: Menginginkan hasil cepat namun tidak dengan persiapan yang memadai, Tidak adanya suatu pengelolaan air, Teknik penebaran bibit yang salah, Tidak pernah memberikan vitamin pada ikan.

Nah itulah Cara Budidaya ikan baung, bagaimana nih sobat green kalian tertarik untuk mencoba budidaya ikan baung?

 

KONTEN MENARIK TENTANG DUNIA AGRIBISNIS ( KLIK SINI )

Posting Komentar

0 Komentar