Ad Code

Responsive Advertisement

Fakta Unik Dan Menarik ayam Batik

 

Sesuai dengan namanya, ciri dan karakteristik ayam batik ialah ayam yang memiliki bulu bermotifkan batik yang eksotis.

Ayam ini memiliki bentuk tubuh yang lebih kecil dari ayam kampung biasa. Termasuk jenis ayam yang gesit dan juga lincah sehingga terlihat lebih indah dan tentu menambah ketertarikan bagi para penggemarnya.

Ayam batik berasal dari negara The Black Country yaitu inggris. Di Inggris sangat populer dengan nama ayam sebright, yang berasal dari nama penemu dan pembaharu proliferasi ayam batik yaitu Sir John Saunders Sebright.

Jenis ayam batik ini merupakan jenis ayam yang tidak memerlukan perawatan yang khusus. Bahkan ayam batik ini termasuk ayam jinak sehingga mempunyai jumlah peminat yang cukup banyak.

Ayam hias ini terdiri dari 2 macam, yaitu ayam batik kanada dan ayam batik itali. Ayam batik kanada (gold sebright) memiliki perpaduan dua warna, yaitu hitam dan keemasan. Untuk ukuran tubuhnya sama dengan ukuran ayam batik itali. Bobot badan ayam batik kanada jantan sekitar 600 gram dan untuk betina sekitar 500 gram. Sifat ayam batik kanada cenderung lincah dan aktif bergerak. Dilihat dari segi produktivitas telur, ayam batik kanada dan itali termasuk ayam yang rutin bertelur. Hal ini dibuktikan dalam satu tahun rata-rata ayam batik betina bisa bertelur antara 6-7 kali, sekali bertelur bisa belasan butir.

Ayam batik itali memiliki bulu warna batik yang indah dengan kombinasi warna putih dan hitam di seluruh tubuhnya. Ukuran ayam batik itali tidak besar sehingga sangat cocok sebagai ayam hias di halaman rumah. Ayam batik itali jantan memiliki bobot badan sekitar 600 gram, sedangkan untuk ayam batik itali betina sekitar 500 gram. Ayam batik itali jantan lebih gesit/lincah dibandingkan ayam batik itali betina.

Ayam batik itali dan ayam batik kanada siap dikawinkan pada usia sekitar 5-6 bulan. Namun, akan lebih baik pada usia 8-12 bulan karena akan menghasilkan bibit ayam yang berkualitas, tidak mudah terserang penyakit. Ayam batik jantan cenderung agresif sehingga menjadi keuntungan peternak karena kemampuan produksi cenderung lebih baik.

Pakan ayam batik sama seperti jenis ayam kampung lainnya, seperti jagung giling, dedak padi/bekatul, dan pakan jadi untuk ayam hias. Bahan baku pakan tersebut bisa didapatkan dari toko pakan terdekat dengan harga yang terjangkau.

Ayam batik itali dan kanada masih memiliki nilai jual yang cukup tinggi. Harga ayam ini selain dipengaruhi oleh faktor umur, biasanya dipengaruhi oleh kualitas warna atau ragam motif pada bulu ayam batik tersebut. Selain itu, kelangkaan jenisnya tentu juga menjadi penentu harga dari ayam ini. Ayam batik dengan kualitas bagus dan langka bisa mencapai harga jutaan.

Nah itulah Fakta Unik & Menarik ayam Batik.

KONTEN MENARIK TENTANG DUNIA AGRIBISNIS ( KLIK SINI )


Posting Komentar

0 Komentar