Ad Code

Responsive Advertisement

5 Cara Menanam Timun DiLahan Sempit

 

Mentimun adalah salah satu sayur yang paling cocok dibudidaya. Alasannya adalah tingginya minat pasar serta perawatannya yang relatif lebih mudah dibanding jenis sayur lainnya bahkan oleh pemula.

Mentimun bisa tumbuh dengan baik asalkan ditanam pada tanah dengan kandungan unsur hara organik yang melimpah. Prosesnya juga mudah, terlebih mentimun banyak memberi manfaat untuk kesehatan.

Inilah proses menanam mentimun organik pada lahan sempit, yakni :

1. Penyiapan Benih Mentimun

Anda harus mencari benih terbaik dengan menyeleksi mentimun yang memiliki pangkal kecil dengan buah panjang dan besar. Biarkan matang alami di pohon, setelah membusuk petik buah dan diamkan satu malam.

2. Penanaman Benih Pada Lahan Sempit

Pada lahan sempit bisa gunakan pot atau polybag dengan diameter 25 cm. Masukkan media tanam (tanah, pupuk kandang dan sekam), jangan terlalu padat, sisakan 5 cm.

3. Proses Pemupukan Organik

Umur 3-4 hari lakukan pengontrolan tanaman, segera sulami jika ada yang mati. Bersihkan gulma yang mengganggu. Umur 2 minggu, berilah pupuk organik cair dari kotoran kambing yang sudah dicampur dengan air (1 kg kotoran air  : 1 liter air).

4. Perawatan Hama dan Penyakit

Berikan biopestisida dari ekstrak kipait dan gadung yang telah dicampur air kencing kelinci. Lakukan juga teknik rotasi tanaman dan pembuangan bagian tanaman yang terkena penyakit.

5. Panen Mentimun

Pemanenan mentimun secara bertahap 1-1,5 bulan. Timun bisa dipanen setiap hari, biasanya proses pemetikan 1-2 buah per tanaman. Produksi yang baik bisa 30 ton per hektarnya.

Demikian cara menanam mentimun dengan cara organik pada lahan sempit yang mudah. Semoga membantu!

KONTEN MENARIK TENTANG DUNIA AGRIBISNIS ( KLIK SINI )


Posting Komentar

0 Komentar