Ad Code

Responsive Advertisement

5 Hewan Endemik Khas Pulau Jawa

 

Indonesia merupakan salah satu negara dengan keanekaragaman hewan tinggi di dunia. Dilansir laman Profauna, diperkirakan ada lebih dari 300.000 spesies hewan hidup di Indonesia. Salah satu pulau yang kaya akan keanekaragaman fauna adalah Pulau Jawa, yang juga merupakan salah satu pulau terbesar di Indonesia.

Dari keberanekaragaman hewan tersebut, ada beberapa hewan yang dipilih sebagai fauna identitas atau maskot setiap provinsi di Pualu Jawa. Pemilihan hewan tersebut tentunya mencerminkan karakteristik unik dan keindahan alam setempat. Untuk mengenal lebih lanjut hewan-hewan yang menjadi fauna identitas provinsi di Pulau Jawa, yuk simak daftar berikut!

1. Macan Tutul Jawa

Macan tutul Jawa atau Pathera pardus melas merupakan salah satu hewan buas dan liar yang kini jumlahnya terus berkurang hingga terancam punah. Pada tahun 2008 macan tutul Jawa atau macan kumbang hanya ditemukan kurang dari 250 ekor.

2. Elang Jawa

Hewan lain yang terancam punah adalah elang Jawa atau Nisaetus bartelsi. Hewan ini biasa ditemukan di hutan-hutan sekitar Pulau Jawa. Jenis burung predator ini hidup dengan memakan mamalia kecil dari tikus hingga burung kecil lainnya. Daya jelajah hewan ini cukup luas, bahkan burung ini bisa terbang sejauh 400 hektar dari sarangnya.

3. Owa Jawa

Owa Jawa dengan nama latin Hylobates moloch adalah jenis primata yang jumlahnya terus menurun atau menuju punah. Hewan dengan ciri warna keabu-abuan dengan sisi kepala lebih gelap ini lebih sering ditemui di Pulau Jawa bagian barat. Jumlah primata ini menjadi terus berkurang karena banyaknya perburuan liar pada hewan ini.

4. Badak Jawa

Termasuk hewan endemik Pulau Jawa, ternyata hewan ini memiliki jumlah yang tidak banyak. Badak Jawa atau badak bercula satu dengan nama latin Rhinoceros sondaicus diketahui hanya tersisa 74 ekor di Pulau Jawa. Berkurangnya jumlah hewan ini karena sistem reproduksi yang lambat dan adanya perburuan liar. Banyak manusia melakukan perburuan liar pada hewan ini hanya untuk mengambil culanya.

5. Banteng Jawa

Binatang khas Pulau Jawa lainnya adalah banteng Jawa dengan nama latin Bos javanicus.Hewan yang dikenal kuat ini, ternyata memiliki jumlah yang terus berkurang atau nyaris punah. Kini banteng Jawa berada di bawah perlindungan Taman Nasional Ujung Kulon dan Taman Nasional Baluran.

Nah, itu tadi Lima  hewan khas Jawa yang berada dalam ambang kepunahan.

KONTEN MENARIK TENTANG DUNIA AGRIBISNIS ( KLIK SINI )

Posting Komentar

0 Komentar