Ad Code

Responsive Advertisement

Manfaat Buah Jujube Bagi Kesehatan Tubuh

 

Jujube adalah buah kecil berwarna merah yang penampilannya mirip seperti kurma. Buah yang dikenal juga sebagai kurma Cina atau kurma merah ini, berasal dari Asia Selatan dan sudah menjadi populer di seluruh dunia.

Memiliki rasa asam manis dan tekstur yang kenyal, buah Jujube sering dikeringkan dan diolah menjadi permen, atau makanan penutup di beberapa bagian Asia di mana mereka banyak ditemukan. Namun, buah yang punya nama latin Ziziphus jujuba sebenarnya sudah sejak lama dikonsumsi dan digunakan untuk pengobatan tradisional. Inilah khasiat atau manfaat kesehatan yang bisa Anda peroleh dengan mengonsumsi buah jujube:

1. Membantu mengatasi sembelit

Berkat kandungan seratnya yang tinggi, manfaat mengonsumsi jujube bisa memperlancar pencernaan dan mengatasi sembelit. Satu porsi buah jujube kering (100 gram) bisa memberikan 6 gram serat makanan.

2. Meningkatkan imunitas tubuh

Buah jujube juga kaya akan vitamin C yang merupakan antioksidan yang kuat. Tidak hanya bisa mencerahkan kulit, nutrisi tersebut juga bisa melawan radikal bebas dan meningkatkan kekebalan tubuh dengan mencegah penyakit.

3. Mencegah kanker

Ekstrak buah jujube mengandung fenolat yang bisa meningkatkan aktivitas antioksidan buah tersebut. Artinya, enzim antioksidan dalam buah tersebut bisa bekerja lebih cepat untuk menghilangkan radikal bebas dan mengurangi risiko kanker.

4. Menjaga kadar gula darah

Khasiat buah jujube ini berasal dari kandungan vitamin yang dapat meningkatkan kemampuan sel untuk menyerap gula darah.

5. Melindungi kesehatan jantung

Senyawa aktif dalam buah jujube diketahui memiliki potensi untuk menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam darah. Di saat yang bersamaan, konsumsi buah angco pun bisa meningkatkan kadar kolesterol baik.

6. Meningkatkan kualitas tidur

Khasiat buah jujube dalam mengatasi peradangan di otak juga dapat memengaruhi kerja otak dalam mengatasi stres dan gangguan cemas yang menyebabkan insomnia. 

7. Mengoptimalkan fungsi otak

Buah jujube dikenal punya manfaat karena kandungan antioksidannya. Senyawa antioksidan seperti flavonoid dan saponin dalam buah jujube sangat bermanfaat untuk meningkatkan fungsi otak.

8. Meredakan kecemasan

Mengonsumsi buah jujube juga sudah terbukti bisa memberikan efek menenangkan pada otak dan sistem saraf. Hal ini tidak hanya bisa membantu tidur, tapi juga meredakan kecemasan.

Itulah manfaat kesehatan yang bisa kamu dapatkan dari mengonsumsi buah jujube


Posting Komentar

0 Komentar