Ad Code

Responsive Advertisement

5 Daerah Penghasil Kopi Terbaik Di Indonesia

 

Biji kopi adalah biji dari tumbuhan kopi dan merupakan sumber dari minuman kopi. Warna bijinya adalah putih dan sebagian besar berupa endosperma. Setiap buah umumnya memiliki dua biji. Buah yang hanya mengandung satu biji disebut dengan peaberry dan dipercaya memiliki rasa yang lebih baik.

Ada beberapa daerah tertentu yang disebut-sebut sebagai daerah penghasil kopi terbaik yang kualitasnya selalu diburu secara internasional. Karakteristik biji kopi yang khas dengan kualitas yang tinggi membuat daerah-daerah ini populer sebagai 'rumah biji kopi'.

1. Aceh

Aceh merupakan salah satu daerah penghasil kopi Arabika terbesar di Indonesia. Kondisi geografis yang berupa pegunungan dan perbukitan menjadikan Aceh memiliki kondisi lingkungan yang cocok untuk pertumbuhan tanaman kopi. Beberapa jenis kopi Aceh yang terkenal diantaranya adalah Gayo, Takengon, dan Bener Meriah.

2. Sumatera Utara

Sumatera Utara juga terkenal sebagai daerah penghasil kopi Arabika terbaik di Indonesia. Beberapa jenis kopi Sumatera Utara yang terkenal antara lain adalah Lintong, Mandheling, dan Sidikalang.

3. Lampung

Lampung terletak di bagian selatan pulau Sumatera dan juga dikenal sebagai salah satu daerah penghasil kopi Arabika di Indonesia. Selain itu, ada beberapa jenis kopi Lampung yang terkenal antara lain adalah Robusta yang memiliki cita rasa yang lebih ringan dan lebih asam.

4. Jawa Barat

Jawa Barat merupakan salah satu daerah penghasil kopi terbesar di Indonesia dengan produksi kopi sekitar 23% dari total produksi kopi nasional. Adapun beberapa jenis kopi Jawa Barat yang terkenal antara lain adalah Priangan, Pangalengan, dan Cikuray.

5. Jawa Tengah

Provinsi Jawa Tengah dikenal sebagai salah satu daerah penghasil kopi terbesar di Indonesia dengan produksi kopi sekitar 13% dari total produksi kopi nasional. Ada beberapa jenis kopi Jawa Tengah yang terkenal antara lain adalah Temanggung, Dieng, dan Wonosobo.

Nah itulah 5 Daerah Penghasil Kopi Terbaik Di Indonesia.

 KONTEN MENARIK TENTANG DUNIA AGRIBISNIS ( KLIK SINI )

Posting Komentar

0 Komentar