Ad Code

Responsive Advertisement

Manfaat buh kelubi untuk kesehatan

 

Buah kelubi adalah salah satu contoh kekayaan alam yang dimiliki tanah air. Ini merupakan salah satu jenis buah yang cukup unik dan sering digunakan sebagai asinan. Orang lebih mengenal buah ini dengan sebutan salak hutan atau asam paya. Manfaat dari buah kelubi ini sangat banyak untuk tubuh, dibalik rasanya yang masam.

Rasa asamnya yang sangat kuat itulah yang membuat buah ini sering juga disebut sebagai asam kelubi atau asam paya. Tanaman buah ini banyak dijumpai di Sumatera atau lebih tepatnya di Bangka, Riau, Jambi, dan Lampung. Melihat banyaknya kandungan vitamin C yang terdapat pada buah asam ini, tidak heran jika kelubi baik untuk dikonsumsi. Inilah beberapa manfaat buah kelubi untuk kesehatan:

1. Penangkal Radikal Bebas

Buah kelubi terkenal memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Dari vitamin C ini asam paya jadi memiliki sifat antioksidan yang baik. Antioksidan ini sangat berguna dalam menangkal efek buruk dari radikal bebas untuk kesehatan tubuh.

2. Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

Asam paya ini sangat baik untuk menjaga tubuh terhindar dari kanker. Sel-sel dalam tubuh tentu ada yang mengalami kerusakan setiap detiknya namun akan diganti dengan sel baru yang sehat.

3. Menjaga Kesehatan Kulit

Kulit adalah bagian tubuh yang sering terpapar sinar matahari, kotoran, debu, polusi dan banyak hal. Tak heran jika mudah sekali terjadi masalah pada kulit baik itu pada kulit tubuh atau wajah. Kulit yang selalu terpapar sinar matahari langsung akan mengalami masalah kusam, keriput halus, flek hitam bahkan jerawat.

4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Buah Kelubi mengandung Vitamin C yang berperan dalam meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh. Selain itu, Vitamin C juga dapat membantu mencegah komplikasi flu, memperlambat penuaan kulit, meningkatkan penyerapan nutrisi yang lebih baik, serta memberikan perlindungan dari penyakit kronis.

5. Menjaga Kesehatan Mata

Selain itu, vitamin A yang terkandung dalam buah kelubi tidak hanya dapat menjaga kesehatan mata agar tetap prima, tetapi juga membantu merawat masalah rabun jauh.

6. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Untuk meningkatkan kesehatan jantung, mengonsumsi makanan yang mengandung kalium, seperti kelubi, sangat disarankan. Kalium memiliki peran penting dalam menjaga irama detak jantung dan menurunkan tekanan darah, sehingga dapat menjaga kinerja jantung tetap optimal.

 7. Meningkatkan Daya Ingat

Kandungan beta karoten, pektin, dan kalium dalam buah kelubi diyakini memiliki kemampuan untuk meningkatkan aliran darah ke otak.

8. Mengontrol Kadar Asam Urat

Manfaat berikutnya dari kelubi adalah kemampuannya dalam mengontrol kadar asam urat. Penelitian menunjukkan bahwa buah salak mengandung senyawa yang memiliki efek menghambat enzim xanthine oxidase yang bertanggung jawab untuk produksi asam urat dalam tubuh.

Nah, itulah berbagai manfaat buah kelubi. Untuk mengkonsumsinya, Anda bisa mengolah kelubi pada masakan, bisa juga dijadikan asinan, atau jika suka dengan buah asam bisa langsung memakannya.

KONTEN MENARIK TENTANG DUNIA AGRIBISNIS ( KLIK SINI )


Posting Komentar

0 Komentar