Ad Code

Responsive Advertisement

Fakta ikan Pari Yang Tak Punya Keranggka Tulang

 

Ikan pari atau ikan peh merupakan salah satu jenis ikan yang cukup unik. Penampilan ikan ini memang tak seperti ikan-ikan pada umumnya, sehingga cukup mudah mengenali ikan pari saat melihatnya sekilas.

Ikan pari memiliki ukuran tubuh cukup besar. Sebetulnya, ikan ini juga biasa dikonsumsi, walaupun tidak disarankan untuk mengonsumsinya dalam kadar berlebihan. Agar semakin mengenal ikan pari, kamu bisa menyimak beberapa fakta menarik berikut ini.

1. Memiliki kaitan dengan ikan hiu

Fakta sekaligus mitos pertama adalah dipercaya ikan pari dan sebagian besar jenis ikan hiu memiliki nenek moyang yang sama. Keduanya juga termasuk dalam kelompok ikan bertulang rawan sama.  Baik ikan pari maupun ikan hiu berburu dengan menggunakan pori-pori elektromagnetik.

2. Tidak punya kerangka tulang

Ikan pari memiliki tubuh yang terbuat dari tulang rawan, kondisi ini memungkinkan fleksibilitas lebih baik saat bergerak di dalam air dan memungkinkan gerakan berenang seperti mengepak.

3. Terdapat racun pada bagian ekor

Salah satu fakta mengenai ikan ini adalah ekornya yang disebut sengat mengandung racun. Nah, racun ini banyak digunakan untuk melindungi mereka dari predator seperti hiu.

4. Tidak menggunakan mata untuk berburu

Ikan pari akan menggunakan sensor elektro atau organ listrik khusus yang berperan sebagai insting untuk menemukan lokasi dan pergerakan mangsanya. Sensor yang berada di sekitar mulut ini memiliki sebutan ampullae of lorenzini.

5. Memiliki usia 15 hingga 25 tahun

Usia ikan pari diketahui bisa sampai mencapai 15 atau 25 tahun. Namun sayangnya, kini ancaman ikan pari bukan lagi predator, melainkan manusia.

Ditambah dengan meningkatnya polusi laut dan eksplorasi terumbu karang yang berperan dalam berkurangnya spesies ikan pari di lingkungan mereka sampai 30 persen.

6. Pandai bersembunyi

Terakhir, ikan ini pandai bersembunyi karena warna ikan pari mencerminkan suasana di dasar laut. Ikan ini akan sering mengubur diri mereka di pasir dan hanya menampakkan mata serta bergerak dengan mengikuti goyangan ombak.

KONTEN MENARIK TENTANG DUNIA AGRBISNIS ( KLIK SINI )

Posting Komentar

0 Komentar