Ad Code

Responsive Advertisement

Dinas Peternakan Kupang Vaksin Hewan Penyebar Rabies

 

Dinas Peternakan Kabupaten Kupang gencar melakukan vaksinasi terhadap ribuan anjing di wilayah tersebut.

Berdasarkan laporan Kepala Bidang Kesehatan Hewan, Kesmavet, Pengolahan dan Pemasaran Dinas Peternakan Kabupaten Kupang, drh. Yosep A. Paulus, Senin 8 Januari 2024, telah dilaksanakan empat tahapan vaksinasi.

Empat tahapan teraebut didah dilakukan di seluruh Kabupaten Kupang di 24 Kecamatan dengan total hewan penyebar rabies (HPR) yang divaksinasi mencapai belasan ribu ekor.

Langkah antisipatif ini diambil sejak virus rabies mulai merebak di Kabupaten Kupang.

Vaksin yang mereka berikan merupakan bantuan vaksin rabies tahap pertama sebanyak 15.000 dosis dari The World Organisation for Animal Health (WOAH) atau Organisasi Kesehatan Hewan Dunia melalui Kementerian Pertanian.

Dari 15 ribu dosis tersebut mereka sudah melakukan vaksinasi rabies sebanyak dua kali.

Lapisan pertama 6 kecamatan yang berbatasan langsung dengan wilayah Kabupaten TTS yakni kecamatan Amarasi timur, amabi oefeto Timur, Takari, Amfoang Selatan, Amfoang tengah dan Amfoang timur.

Dari vaksinasi lapisan pertama tersebut dinas kesehatan berhasil memberikan vaksin kepada 6697 ekor anjing.

Sementara vaksinasi lapisan kedua ada 7 kecamatan yakni Amfoang Utara, Amfoang Barat laut, Fatuleu tengah, Fatuleu, Amabi Oefeto, Amarasi dan Amarasi Selatan dengan total vaksin 5303 ekor anjing.

Lalu Dinas Peternakan juga kembali mendapatkan tambahan vaksin rabies lagi dari WOAH sebanyak 15.000 dosis lagi melalui kementerian pertanian.

Vaksin tersebut juga telah diberikan pada vaksinasi lapisan ke 3 pada 4 kecamatan yakni Amfoang Barat Daya, Fatuleu Barat, Sulamu dan Kupang Timur dengan total hewan terutama anjing yang divaksinasi mencapai 1943 ekor.

Sementara vaksinasi tahapan 4 di 3 kecamatan yakni Kecamatan Kupang Tengah, Kecamatan Taebenu, dan Kecamatan Amarasi Barat sudah selesai pada bulan Desember 2023 lalu.

Dari hasil rekapan yang mereka buat dinas Peternakan Kabupaten Kupang berhasil melakukan vaksinasi pada 4730 ekor anjing.

Secara total dinas Peternakan Kabupaten Kupang sudah melakukan vaskinasi pada 18.673 ekor anjing yang merupakan salah satu hewan penyebar rabies.

Sementara itu kata Dokter Paulus masih tersisisa masih 4 kecamatan lagi yakni Kecamatan Kupang Barat, Kecamatan Nekamese, Semau, dan Semau Selatan akan mendapat giliran berikutnya untuk dilakukan vaksinasi terhadap HPR disesuaikan dengan kondisi cuaca yang ada.

Sejauh ini kata dia Kabupaten Kupang masih zero kasus atau dalam zona hijau virus rabies. Pada kejadian sebelumnya ada beberapa hewan yang dilaporkan mengalami gejala rabies dan kata dia anjing tersebut telah  diambil otaknya untuk diuji.

"Semuanya hasil pemeriksaan di BBVET Denpasar Bali hasilnya negatif," tukasya sambil menyampaikan agar masyarakat Kabupaten Kupang tetap waspada penyebaran virus ini.

 Sumber : kupang.tribunnews.com ( klik sini )

Konten menarik tentang dunia agribisnis ( klik sini )

Posting Komentar

0 Komentar