Ad Code

Responsive Advertisement

BMI Buleleng Kembangkan Peternakan Kambing

 

BMI Buleleng kembangkan peternakan kambing untuk dikelola oleh anggota ranting. Peternakan kambing yang diinisiasi oleh Ketua BMI Buleleng, Dr Putra Sedana, alias dokter Caput terbilang sukses. Sebab, dari 5 ekor kambing  yang diternak, kini telah menjadi 32 ekor, hanya dalam waktu beberapa tahun saja. 

Dr Caput mengatakan, Ide awal peternakan kambing bermula dari keprihatinan melihat anggota ranting PDI Perjuangan yang belum memiliki pekerjaan tetap. Kemudian, pihaknya memberi lahan di wilayah Kelurahan Banjar Paketan, Kecamatan/Kabupaten Buleleng untuk dikelola. Di lahan itu, ia memberikan lima ekor kambing untuk dikelola. 

“Ide awal mucul saat ngobrol-ngobrol santai. Kita tahu teman ranting banyak yang tidak punya pekerjaan. Sehingga mucul ide ini. Kita rangkul, hingga sekarang sudah jadi 32 ekor,” ungkapnya, Senin (5/8) siang.

Ia menambahkan, peternakan itu otomatis memberikan kesejahteraan bagi anggota ranting. Sebab, selain daging kambing maupun bibit, kotorannya juga memiliki nilai jual. Bahkan kotorannya sudah terjual hingga mencapai Rp 32 juta. “Ini jelas bisa angkat kesejahteraan dan kemandirian pengelola peternakan. Dan ini kita akan kawal dan juga akan kembangkan,” imbuhnya 

Dengan adanya peternakan ini, pihaknya berharap di setiap wilayah di Buleleng bisa meniru. Agar bisa memberikan manfaat bagi masyarakat setempat. “Nanti kami pasti bantu. Sesuai dengan potensi setiap desa itu sendiri. Tidak hanya dibidang ternak. Tapi pertanian, perikanan dan yang lainya. Sehingga masyarakat bisa sejahtera,” sambung dia.

Sementara itu, Komang Beni, selaku pengelola peternakan menambahkan, bahwa pendapatan dari penjualan kotoran kambing sangat membantu meningkatkan kesejahteraan para peternak. “Dalam sebulan, bisa mendapatkan sekitar Rp 2 juta hanya dari penjualan kotoran. Ini sangat membantu kami memenuhi kebutuhan sehari-hari,” ujarnya.

Kata dia, keberhasilan peternakan kambing ini tidak hanya berdampak pada peningkatan ekonomi para peternak, tetapi juga membuka lapangan pekerjaan. Saat ini, peternakan tersebut telah mempekerjakan 3 orang karyawan.7 mzk

Sumber : www.nusabali.com ( KLIK SINI )

KONTEN MENARIK TENTANG DUNI A AGRIBISNIS( KLIK SINI )

Posting Komentar

0 Komentar